Kompas.com - 23/04/2020, 08:05 WIB
Aktris peran Hannah Al Rashid saat sesi foto seusai jumpa pers dan screening film di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISIAktris peran Hannah Al Rashid saat sesi foto seusai jumpa pers dan screening film di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Hannah Al Rashid dikenal cukup lantang menyuarakan isu-isu kesetaraan gender.

Di balik perjuangannya itu, Hannah rupanya juga memiliki sosok perempuan panutan yang dianggap mampu melawan ketidakadilan dan stigma gender.

Sosok tersebut adalah tokoh Nyai Ontosoroh dari buku Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer.

Baca juga: Hari Kartini, 10 Perempuan Terpegah dan Tervokal di Tengah Pandemi

"Waktu baca buku itu saya merasa Nyai Ontosoroh itu karakter perempuan Indonesia yang paling ideal," ungkapnya dalam live streaming Tokopedia SHE 2020, Rabu (22/04/2020).

Aktris yang berperan dalam film Aruna dan Lidahnya itu memandang Nyai Ontosoroh sebagai sosok perempuan yang berpendidikan, mandiri, mampu membela keluarga, serta melawan ketidakadilan. Membuatnya menjadi sosok yang begitu inspiratif bagi Hannah.

Di samping itu, ia juga mengagumi empat perempuan anggota Kongres Amerika Serikat yang dikenal publik sebagai the Squad. Empat perempuan tersebut adalah Alexandria Ocasio-Cortez, Ilhan Omar, Ayanna Pressley, dan Rashida Tlaib.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi Hannah, keempat perempuan tersebut memiliki latar belakang berbeda yang mampu mewakili perempuan modern dalam politik.

Perempuan kelahiran London, Inggris itu menyayangkan saat ini Indonesia masih kekurangan sosok perempuan yang menjadi role model atau panutan bagi perempuan lainnya.

"Atau mungkin sebenarnya banyak tapi mereka tidak dikasih platform," kata Hannah.

"Aku yakin ada sangat banyak (perempuan role model) dan kita harus membicarakan lebih banyak tentang perempuan-perempuan hebat yang melakukan hal-hal hebat dalam sektornya masing-masing."

Baca juga: Kartinian ala Yuni Shara, Ajak Perempuan Indonesia Saling Menolong

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.