Kompas.com - 23/04/2020, 17:59 WIB
Sebetulnya, ada banyak sumber polusi udara di rumah manapun. Beberapa contoh yang paling banyak ditemukan meliputi sumber pembakaran minyak, gas, minyak tanah, kayu, batu baram, serta asap rokok, material bangunan dan perabotan, www.houzz.comSebetulnya, ada banyak sumber polusi udara di rumah manapun. Beberapa contoh yang paling banyak ditemukan meliputi sumber pembakaran minyak, gas, minyak tanah, kayu, batu baram, serta asap rokok, material bangunan dan perabotan,

KOMPAS.com - Ketika bicara mengenai polusi udara, banyak dari kita yang mungkin langsung memikirkan polusi udara di luar ruangan.

Misalnya, polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan. Namun, tahukah kamu bahwa polusi udara juga banyak terdapat di rumah?

Padahal, kualitas udara yang bersih di rumah sangat penting bagi kesehatan setiap orang.

"WHO sudah membuktikan bahwa polusi udara tidak cuma ada di luar rumah, tapi di dalam rumah tangga pun ada. Itu yg disebut polusi udara indoor."

Baca juga: Polusi Udara dan Penyakit Jantung Tingkatkan Risiko Demensia

Hal itu diungkapkan dokter Reisa Broto dalam online talkshow bertajuk "Udara Bersih, Solusi Keluarga Sehat" bersama Xiaomi, Kamis (23/4/2020).

Beberapa contoh sumber polusi udara di dalam rumah antara lain, kompor masak berbahan bakar, dan obat nyamuk semprot.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Juga, bulu hewan atau kotoran yang terbawa oleh hewan peliharaan, hingga cairan disinfektan atau partikel rokok yang menempel pada benda-benda di rumah.

"Kotoran" itu menjadi polusi, terlebih ketika terhirup oleh penghuninya.

Baca juga: Polusi Udara Memperburuk Penyebaran Virus Corona

Partikel-partikel ini mungkin tidak terlihat, namun bisa menimbulkan bahaya. Terutama bagi orang-orang yang memiliki penyakit pernapasan seperti asma atau penyakit kardiovaskular.

"Biasanya akan lebih bikin penyakitnya kambuh atau memburuk," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X