Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Mental Mona Ratuliu Jelang Persalinan di Tengah Pandemi

Kompas.com - 23/04/2020, 20:22 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com--Bintang sinetron Mona Ratulia tengah menghadapi dilema berat. Persalinan anak ke empat kali ini akan dilalui seorang diri tanpa didampingi suami, Indra Brasco. Hal ini sempat membuat Mona merasakan stres.

Pada persalinan sebelumnya, Mona selalu didampingi suami di rumah sakit. Namun kali ini karena adanya pandemi corona Mona bakal melalui persalinan tanpa suami.

“Waktu itu sempat stres juga kalau tahu lahiran enggak boleh ditemani suami di ruang bersalin, sedih banget. Aku tiga-tiganya (lahiran) ditemanin suami. Suami ada, ibuku juga ada, lengkap kan support dari keluarga, teman, di luar ruang bersalin tuh kita tahu banyak yang sayang sama kita nungguin,”ungkap Mona saat dihubungi via telepon, Kamis (23/4/2020).

Pemeran Poppy dalam sinetron Lupus Millenia ini mengaku sedih dengan kondisi yang ada. Namun dirinya tak bisa berbuat apa-apa karena regulasi rumah sakit mengharuskan pasien tidak didampingi keluarga saat persalinan akibat pandemi.

Baca juga: Penuh Haru, Kisah Pasien Corona yang Melahirkan di Tengah Koma

“Aku lebih persiapan mental sih kalau lain standar lah, baju-baju bayi segala macam udah disiapin. Cuma aku lebih persiapan mental, banyak diskusi sama anak-anak karena anak-anak enggak bisa sekali dibilangin terus ngerti,”ujarnya.

“Sedih banget, lebih sedih lagi pas tahu kalau kakak-kakaknya juga enggak boleh jenguk. Jadi setelah melahirkan di kamar cuma boleh berdua sama suami aja. Nenek kakek enggak boleh ikut, kakak-kakaknya enggak boleh jenguk,” katanya.

Selain stres akibat kondisi persalinan di tengah pandemi, Mona juga merasakan beban pikiran karena persalinannya diprediski bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri.

“Misalnya pas lebaran sudah harus lahiran, mereka (anak-anak) gimana lebaran enggak ada orangtua di rumah. Mungkin bapaknya bisa pulang kali ya imamin sholat ied misalnya di rumah, makan bareng ketupat, tapi kan nanti pasti balik lagi ke rumah sakit nemenin aku,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com