Kompas.com - 24/04/2020, 11:42 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 menjadi krisis global yang menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan dan anak harus belajar di rumah.

Sebagai orangtua, kita tentu memikirkan masa depan anak-anak jika mereka tidak dapat bersekolah untuk waktu yang lama akibat pandemi.

Walau anak mungkin tidak bisa mendapat pelajaran semaksimal jika dilakukan di sekolah, tetapi setelah krisis ini berlalu banyak keterampilan hidup yang bisa didapat anak sebagai bekal untuk melewati hal sulit di masa depan.

Ini bukan untuk menutupi seberapa parah dampak pandemi, melainkan jenis pembelajaran yang bisa datang dari penderitaan dan kesulitan.

"Ini saat yang mengerikan bagi kita. Tetapi ini juga merupakan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar bahwa mereka memiliki kapasitas luar biasa dalam mengatasi kesulitan," kata psikolog Ron Stolberg, penulis "Teaching Kids to Think," kepada HuffPost.

Baca juga: Mengatur Jadwal Kegiatan Anak Selama di Rumah Saja

Menurut Stolberg, ini empat keterampilan hidup yang bisa diajarkan kepada anak-anak dari pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Belajar hidup dengan ketidakpastian

Dalam hitungan bulan, dunia anak-anak berubah karena Covid-19. Mereka tidak pergi ke sekolah, tidak melihat teman, dan dalam banyak kasus, mereka bahkan tidak bisa pergi keluar rumah sama sekali.

Tidak ada orang dewasa dalam kehidupan mereka yang dapat memberi mereka jawaban tentang bagaimana atau kapan semua ini akan berakhir, karena semuanya tidak pasti.

"Tetapi belajar hidup dengan ketidaknyamanan dan ketidakpastian adalah proses menjadi orang dewasa yang sehat secara perkembangan."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.