Kompas.com - 26/04/2020, 15:28 WIB
Ilustrasi kerja dari rumah. ShutterstockIlustrasi kerja dari rumah.

KOMPAS.com— Kebijakan kerja dari rumah (WFH) terus diperpanjang karena pandemi Covid-19 masih belum bisa diatasi. Walau sudah sebulan menjalankan WHF namun masih banyak pekerja yang merasa sulit beradaptasi, apalagi karena masih harus mengurus anak yang libur sekolah.

Tantangan terbesar mungkin dialami orangtua dengan anak balita. Dimana anak menjerit, membuat rumah berantakan, atau ingin terus ditemani bermain tapi kita tetap harus bekerja dan produktif.

Para ahli mengatakan bahwa trik untuk mempertahankan karier saat bekerja dari rumah adalah berfokus pada rutinitas anak-anak, bukan pada kenyataan WFH sebagai hal baru yang merupakan efek dari wabah corona.

Baca juga: Diperpanjang, ASN Kerja dari Rumah Kini sampai 13 Mei

Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi anak balita dan bekerja di rumah selama pandemi

1. Jangan merombak rutinitas si kecil

Jadwal yang teratur membuat anak-anak, terutama balita, merasa aman, yang membantu mereka lebih memahami harapan yang diberikan kepada mereka ketika orangtua mulai bekerja dari rumah, kata Lee Puay Fung Veron, pakar perkembangan anak prasekolah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perencanaan sangat penting bagi orangtua yang bekerja dari rumah, yang bekerja dengan percepatan terkonsentrasi mungkin lebih realistis.

Ini bisa berarti memaksimalkan jam tanpa gangguan ketika waktu tidur siang balita, atau bangun lebih awal dan melanjutkan pekerjaan setelah si kecil pergi tidur.

Baca juga: Anak Bungsu Sering Membully Kakaknya, Orangtua Harus Lakukan 4 Hal Ini

2. Bersikap fleksibel

Rasanya tidak realistis untuk mengharapkan si kecil memahami bahwa ibu tidak dapat memperhatikan mereka ketika sedang berada dekat dengannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X