Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2020, 18:00 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan Indonesia) membuat program selama bulan ramadhan hingga lebaran untuk masyarakat.

Program itu diberi nama “Cerita Mami Keren”, singkatan dari Ceramah dan Diskusi Seputar Makanan Minuman Kesehatan Ramadhan dan Lebaran yang ditayangkan secara daring lewat Zoom mulai 22 April 2020 hingga 30 Mei mendatang.

Program akan berlangsung sebanyak 40 episode dan hadir setiap pukul 12.50 hingga 13.50 WIB. Topik bahasan dan jadwal “Cerita Mami Keren” selama 40 episode bisa dibaca di www.linisehat.com/cmk.

Dalam menggelar acara tersebut, Pergizi Pangan menggandeng LiniSehat, Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI) dan Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB University (Gizi FEMA IPB).

Acara ini menyajikan informasi aktual berbasis ilmu pengetahuan terkini seputar bagaimana mengolah makanan, minuman, dan gaya hidup dalam mempersiapkan puasa, saat dan setelah bulan puasa.

Baca juga: Puasa, Bagaimana Menjaga Asupan Makanan bagi Tubuh?

 

Di samping itu, diangkat pula bagaimana cara meraih berbagai manfaat kesehatan puasa selain sebagai ibadah.

"Cerita Mami Keren menampilkan dan menjawab permasalahan keseharian kita dengan menarik dan keren, dengan narasumber profesor-profesor yang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya masing-masing," kata Ketua Umum Pergizi Pangan, Prof Dr Hardinsyah dalam keterangan tertulis.

Menurut Guru Besar Ilmu Gizi Fema IPB tersebut, program kesehatan ini juga akan menampilkan moderator dan pembawa acara dari kalangan milenial.

"Para profesor ini akan didampingi moderator dan host dari kalangan milenial yang merupakan akademisi dan praktisi muda dari Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB, Pergizi Pangan Indonesia, ISAGI dan Linisehat," ujar Prof Hardinsyah.

Baca juga: Pahami, 5 Nutrisi Utama untuk Sistem Kekebalan Tubuh Lawan Covid-19

Acara akan dimulai dengan pemaparan sesuai dengan topik selama 15 menit, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta dan moderator.

Ketua Panitia, Firda Sabrina STP menambahkan bahwa seluruh topik dan jadwal acara dapat dipantau di www.liniseht.com/cmk, dan para peserta bisa mengikuti acara ini melalui ID 827 0637 0838 dan password 053020.

"Peserta diperbolehkan masuk pada acara online ini pukul 12.50-12.05 WIB. Kami mohon maaf tidak melayani peserta yang telat masuk," Firda mengingatkan.

Topik menarik yang akan disajikan setiap episodenya adalah seputar makanan, minuman dan kesehatan yang diperlukan menjelang, saat dan setelah puasa sesuai perkembangan Iptek gizi terkini.

Sebelumnya, Pergizi Pangan Indonesia meluncurkan Program Bhakti Pergizi Pangan bagi negeri berupa Layanan Edukasi dan Konsultasi Konsumsi Pangan Aman, Bergizi, Hidup Sehat Bugar atau yang disingkat Lekka Bergizi Bugar.

Diperkenalkan juga tiga duta Pergizi Pangan, yakni Ikke Nurjanah sebagai Duta Gizi Seimbang, Dr Reisa Broto Asmoro (Duta Gizi Gaya Hidup Sehat), dan Teuku Zacky (Duta Gizi Cegah Stunting).


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com