Kompas.com - 27/04/2020, 12:56 WIB
Illustrasi berbuka puasa dengan kurma terlebih dahulu Dok. ShutterstockIllustrasi berbuka puasa dengan kurma terlebih dahulu
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat berpuasa, terjadinya perubahan pola makan serta berkurangnya aktivitas fisik merupakan hal yang wajar terjadi. Karena itu, kita perlu melakukan beberapa penyesuaian, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama bulan Ramadan.

Meski puasa identik dengan rasa lemas dan kantuk, bukan berarti kita harus merasakan hal yang sama. Ada beberapa tips puasa sehat yang dapat dicoba agar tubuh senantiasa bugar.

Berikut ini tipsnya, mulai dari saat sahur hingga berbuka.

1. Jangan lewatkan sahur

Sama seperti halnya sarapan, sahur juga sangat penting untuk dilakukan. Saat berpuasa, sahur akan membantu kadar cairan tubuh tetap terjaga, serta memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas, hingga waktunya berbuka.

Makan sahur juga dapat mencegah kita makan berlebihan saat buka puasa akibat terlalu lapar. Sahur yang sehat harus memperhatikan asupan yang bergizi seimbang, dan mengandung karbohidrat kompleks, makanan tinggi serat, serta makanan tinggi protein.

  • Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks bisa kita dapatkan dari oats, kacang-kacangan, dan gandum. Karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga Anda bisa kenyang lebih lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Anda dapat mengonsumsi kurma, sayur dan buah, gandum utuh, kentang, hingga biji-bijian.

  • Makanan tinggi protein

Makanan tinggi protein seperti telur, keju, yogurt, atau daging, juga dipercaya dapat membantu menyediakan tenaga bagi tubuh untuk beraktivitas seharian, meski sedang berpuasa.

Baca juga: Tips Makan Sahur Sehat Selama Bulan Puasa

2. Minum cukup air

Halaman:
Baca tentang


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.