Kompas.com - 27/04/2020, 20:42 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dari berbagai jenis diet pengurangan berat badan yang ada, ternyata tidak banyak yang memberi manfaat kesehatan untuk jangka panjang.

Sebuah analisis terhadap 121 studi diet, yang meneliti diet pada lebih dari 21.000 orang, menemukan bukti yang mendukung pernyataan ahli selama bertahun-tahun, yaitu diet ketat tidak efektif dalam jangka panjang.

Pada studi yang diterbitkan dalam British Medical Journal, para penulis menyimpulkan, sebagian dari 14 diet yang mereka periksa menghasilkan peningkatan tekanan darah dan penurunan berat badan rata-rata 4,5 kg pada enam bulan.

Namun setelah satu tahun memulai diet, sebagian besar manfaat penurunan berat badan itu hilang dan risiko penyakit jantung mereka kembali muncul, kecuali bagi mereka yang mengikuti diet Mediterania.

Baca juga: Diet Mediterania Bikin Usia Hidup Lebih Panjang, Apa Sebabnya?

"Pesannya relatif jelas," kata penulis studi, Gordan Guyatt, profesor di McMaster University, kepada Insider.

"Tidak masalah apa pun diet yang kita pilih, penurunan berat badan yang kita dapatkan tidak jauh berbeda. Diet, bagi kebanyakan orang, umumnya tidak berhasil dalam jangka panjang."

Adapun sekitar 69 persen dari 21.942 peserta yang diteliti adalah wanita, dengan usia rata-rata 49 tahun, dan diet berlangsung sekitar enam setengah bulan.

Sebagian dari diet yang mereka jalani adalah Weight Watchers, South Beach, sementara yang lain berdasarkan tren, seperti diet rendah lemak atau paleo.

"Namun harus diingat, menurunkan tekanan darah atau kolesterol jahat untuk jangka waktu tertentu, misalnya enam bulan, tidak akan membuat perbedaan jangka panjang jika naik kembali," kata Guyatt.

"Kita harus memiliki tekanan darah dan penurunan lipid selama bertahun-tahun sebelum itu benar-benar akan menurunkan risiko kejadian buruk seperti stroke dan serangan jantung."

Baca juga: Diet Mediterania Diprediksi Jadi Diet Terbaik 2019, Apa Alasannya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X