Kompas.com - 28/04/2020, 14:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Setiap peralatan elektronik pasti memiliki masa “pensiun”, demikian pula halnya dengan kulkas. Namun, bagaimana kita tahu kapan waktu membeli kulkas baru atau memanggil teknisi untuk memperbaikinya?

Terkadang tanda kulkas perlu diganti sangat jelas, tapi seringkali kita baru menyadari ada masalah setelah terlanjur besar dan butuh biaya tinggi untuk memperbaikinya.

Berikut adalah beberapa tanda kulkas mulai bermasalah:

- Makanan cepat busuk
Bila makanan menjadi cepat busuk dari biasanya, cari tahu apa penyebab masalahnya. Pertama, periksa setelan suhunya. Suhu dalam kulkas idealnya berkisar antara 2.7 derajat Celcius sampai 5 derajat Celcius.

Bila suhunya sudah dalam rentang normal tetapi masih bermasalah, periksa apakah karet segel pada pintu rapat atau tidak. Menjaga agar bagian karet ini tetap bersih akan membantu fungsinya tetap optimal.

Baca juga: Kulkas Jadi Perkakas Elektronik Paling Diminati Selama WFH

- Bagian freezer terlalu dingin
Suhu pada freezer idealnya adalah minus 17 derajat Celcius. Jika freezer terasa sangat dingin, mungkn ada masalah. Freezer yang sudah tua rentan menyebabkan terbentuknya bunga es.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyebab tersering kristal es pada freezer adalah ada segel yang tidak rapat atau kerusakan pada sensor. Hubungi teknisi untuk memastikan penyebabnya.

- Suara motornya terdengar kencang
Dari semua perlengkapan elektronik rumah tangga, suara kulkas memang lebih kencang. Namun, jika mendadak suaranya terdengar lebih kencang, apalagi suara motornya, ini bukan pertanda baik.

“Pengendali suhu akan menyalurkan tegangan ke kompresor dan kipas motor. Jadi, jika bagian ini tak berfungsi bisa menyebabkan powernya terus disalurkan dan membuat kulkas jadi terlalu dingin,” kata pendiri perusahaan layanan servis Mr.Appliance, Ron Shimek.

- Tagihan listrik melonjak
Jika beberapa komponen kulkas tidak bekerja dengan baik, pengaruhnya juga terlihat pada konsumsi listrik. Rata-rata kulkas yang berusia tua akan mengonsumsi listrik lebih besar dibanding generasi yang lebih baru. Dalam sebuah pengujian, kulkas tahun 2015 mengonsumsi energi 17 persen lebih sedikit dibanding kulkas tahun 2009.

Baca juga: Buah dan Sayur yang Tidak Perlu Disimpan dalam Kulkas

- Ada kondensasi atau kristal es
Jika kita mendapati bagian dalam kulkas basah atau ada tetesan kondensasi, serta kristal es muncul, ini berarti kulkas bermasalah.

- Usia kulkas sudah lebih dari 10 tahun
Setiap peralatan rumah tangga memiliki masa pensiun, termasuk yang premium sekali pun. Jika masalah pada kulkas terus berulang, coba diingat sudah berapa lama kulkas itu ada di rumah kita.

Kulkas yang berusia lebih dari 10 tahun sebaiknya diganti agar tetap berfungsi optimal untuk menjaga kesegaran makanan.

Baca juga: Cara Alami Hilangkan Bau pada Kulkas

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.