Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2020, 14:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Setiap peralatan elektronik pasti memiliki masa “pensiun”, demikian pula halnya dengan kulkas. Namun, bagaimana kita tahu kapan waktu membeli kulkas baru atau memanggil teknisi untuk memperbaikinya?

Terkadang tanda kulkas perlu diganti sangat jelas, tapi seringkali kita baru menyadari ada masalah setelah terlanjur besar dan butuh biaya tinggi untuk memperbaikinya.

Berikut adalah beberapa tanda kulkas mulai bermasalah:

- Makanan cepat busuk
Bila makanan menjadi cepat busuk dari biasanya, cari tahu apa penyebab masalahnya. Pertama, periksa setelan suhunya. Suhu dalam kulkas idealnya berkisar antara 2.7 derajat Celcius sampai 5 derajat Celcius.

Bila suhunya sudah dalam rentang normal tetapi masih bermasalah, periksa apakah karet segel pada pintu rapat atau tidak. Menjaga agar bagian karet ini tetap bersih akan membantu fungsinya tetap optimal.

Baca juga: Kulkas Jadi Perkakas Elektronik Paling Diminati Selama WFH

- Bagian freezer terlalu dingin
Suhu pada freezer idealnya adalah minus 17 derajat Celcius. Jika freezer terasa sangat dingin, mungkn ada masalah. Freezer yang sudah tua rentan menyebabkan terbentuknya bunga es.

Penyebab tersering kristal es pada freezer adalah ada segel yang tidak rapat atau kerusakan pada sensor. Hubungi teknisi untuk memastikan penyebabnya.

- Suara motornya terdengar kencang
Dari semua perlengkapan elektronik rumah tangga, suara kulkas memang lebih kencang. Namun, jika mendadak suaranya terdengar lebih kencang, apalagi suara motornya, ini bukan pertanda baik.

“Pengendali suhu akan menyalurkan tegangan ke kompresor dan kipas motor. Jadi, jika bagian ini tak berfungsi bisa menyebabkan powernya terus disalurkan dan membuat kulkas jadi terlalu dingin,” kata pendiri perusahaan layanan servis Mr.Appliance, Ron Shimek.

- Tagihan listrik melonjak
Jika beberapa komponen kulkas tidak bekerja dengan baik, pengaruhnya juga terlihat pada konsumsi listrik. Rata-rata kulkas yang berusia tua akan mengonsumsi listrik lebih besar dibanding generasi yang lebih baru. Dalam sebuah pengujian, kulkas tahun 2015 mengonsumsi energi 17 persen lebih sedikit dibanding kulkas tahun 2009.

Baca juga: Buah dan Sayur yang Tidak Perlu Disimpan dalam Kulkas

- Ada kondensasi atau kristal es
Jika kita mendapati bagian dalam kulkas basah atau ada tetesan kondensasi, serta kristal es muncul, ini berarti kulkas bermasalah.

- Usia kulkas sudah lebih dari 10 tahun
Setiap peralatan rumah tangga memiliki masa pensiun, termasuk yang premium sekali pun. Jika masalah pada kulkas terus berulang, coba diingat sudah berapa lama kulkas itu ada di rumah kita.

Kulkas yang berusia lebih dari 10 tahun sebaiknya diganti agar tetap berfungsi optimal untuk menjaga kesegaran makanan.

Baca juga: Cara Alami Hilangkan Bau pada Kulkas

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com