Kompas.com - 29/04/2020, 04:04 WIB
Ilustrasi kulit terpapar matahari shutterstockIlustrasi kulit terpapar matahari
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita semua tahu bahwa kekurangan cairan bisa mengakibatkan kulit kering. Itu sebabnya, kulit kering saat puasa selalu menjadi tantangan setiap tahunnya saat bulan Ramadan tiba. Sudah tahukah Anda cara praktis mengatasinya?

Kulit kering saat puasa memang pada dasarnya bukan hal yang berbahaya. Namun jika terus dibiarkan, kulit kering dapat membuat Anda merasa tidak nyaman.

Perubahan ketebalan epidermis membuat kulit tidak terlindungi dan kelembabannya pun tidak terjaga.

Kabar baiknya, kulit kering saat puasa tetap bisa diatasi dengan cara-cara yang mudah. Anda bisa mencoba beberapa trik ini dan menyesuaikannya dengan kondisi kulit masing-masing, di antaranya:

1. Konsumsi Omega-3

Lemak dari omega-3 punya peran yang tidak bisa diremehkan dalam menjaga kesehatan kulit. Meski demikian, tubuh tidak bisa memproduksi omega-3 dengan sendirinya.

Untuk itu, dapatkan asupan omega-3 yang cukup lewat konsumsi makanan yang kaya akan omega-3. Beberapa di antaranya adalah salmon, kacang kedelai, chia seeds, minyak ikan, dan masih banyak lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Kurangi konsumsi makanan berminyak

Saat berbuka puasa jangan dijadikan ajang untuk balas dendam. Biasanya karena lapar mata, segala jenis gorengan disantap ketika azan Magrib telah berkumandang.

Namun perlu ingat bahwa makanan berminyak seperti gorengan justru mempercepat proses dehidrasi. Cairan tubuh akan terserap lebih banyak ketika Anda banyak mengonsumsi gorengan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.