Kompas.com - 29/04/2020, 10:39 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Ketika kita remaja, menulis buku harian mungkin menjadi salah satu rutinitas untuk mencurahkan perasaan. Di era modern, buku harian itu berganti bentuk menjadi blog.

Seiring waktu, banyak orang mulai meninggalkan kegiatan menulis jurnal. Padahal, berbagai penelitian membuktikan bahwa menulis jurnal harian sangat membantu kita dalam mengendalikan pikiran, mengatur emosi, dan mengajarkan cara mengungkapkan perasaan.

Salah satu penelitian mengenai hal ini dilakukan Dr.James Pannebaker PhD dan tim dari Universitas Texas. Tim peneliti membagi sejumlah mahasiswa menjadi empat kelompok. Semua diminta menulis selama 15 menit selama empat malam berturut-turut.

Tiga kelompok diminta untuk menuliskan tentang pengalaman traumatik dalam hidupnya dan kelompok keempat menulis tentang topik sepele sehari-hari.

Kemudian seluruh kelompok itu dipantau selama 6 bulan. Hasilnya, mahasiswa dari tiga kelompok pertama yang menulis pengalaman traumatik lebih jarang mengunjungi pusat kesehatan.

Berbagai penelitian lain juga mengungkap kaitan antara mengungkapkan emosi dengan status kesehatan yang lebih baik.

Baca juga: Sejak Kapan Menulis Dilakukan?

Di tengah masa karantina ini, kegiatan menulis jurnal harian bisa kita lakukan untuk mengatasi depresi dan kecemasan, juga membuat kita hidup lebih sadar, sehat, dan bahagia.

Menurut Pennebaker, menulis tidak hanya mengulangi kejadian yang kita alami tetapi membantu kita memahami dan menempatkannya sesuai konteks.

Kita tidak hanya menulis apa yang terjadi tapi juga menemukan makna dari ingatan traumatik dan mengalami emosi di sekitarnya.

Berikut adalah tips untuk memulainya:

Halaman:


Sumber Psycom
Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X