Efek Samping Kunyit jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

Kompas.com - 29/04/2020, 17:12 WIB
Secangkir teh Kunyit dengan lemon dan jahe. Manfaat untuk mengurangi peradangan dan detoks hati. SHUTTERSTOCK/CozineSecangkir teh Kunyit dengan lemon dan jahe. Manfaat untuk mengurangi peradangan dan detoks hati.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.comKunyit memiliki manfaat kesehatan yang tak sedikit. Tanaman rempah ini sering digunakan untuk meredakan mual, perut kembung, nyeri haid, dan masalah lainnya.

Namun, kunyit bisa menimbulkan sejumlah efek samping saat dikonsumsi terlalu banyak. Apa saja efek samping kunyit yang perlu diperhatikan?

Sebetulnya, kunyit tergolong aman dan jarang menimbulkan efek samping yang serius. Akan tetapi, untuk beberapa orang, mengonsumsi kunyit terlalu banyak bisa memicu efek samping yang tidak mengenakkan.

Berikut sederet efek samping kunyit yang perlu kita waspadai:

Iritasi pencernaan

Meski baik untuk pencernaan, kunyit dapat mengiritasi pencernaan jika dikonsumsi berlebihan. Pasalnya, kunyit memiliki efek yang mampu merangsang lambung untuk memproduksi lebih banyak asam.

Baca juga: Manfaat Temu Putih, Saudara Kunyit Kuning dengan Segudang Khasiat

Batu ginjal

Kunyit tinggi akan oksalat. Senyawa ini dapat membentuk batu ginjal bila dikonsumsi secara berlebihan. Batu ginjal bisa memicu nyeri yang hebat dan rasa tidak nyaman.

Sakit kepala dan mual

Efek samping kunyit berupa sakit kepala dan mual pun bisa terjadi saat kunyit dikonsumsi dalam dosis tinggi, misalnya di atas 450 miligram (mg).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X