Kompas.com - 29/04/2020, 18:27 WIB
Ilustrasi minum air baiajakuIlustrasi minum air

KOMPAS.com - Memenuhi kebutuhan cairan harian adalah hal yang penting untuk mencegah dehidrasi.

Namun, di bulan puasa mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya bagaimana caranya memenuhi kebutuhan cairan.

Setiap harinya kita dianjurkan minum air sekitar 8 gelas atau dua liter per hari. Namun, jangan lupa pula bahwa kebutuhan cairan setiap orang berbeda dan dipengaruhi sejumlah faktor.

Baca juga: 5 Alasan Harus Memenuhi Cairan Tubuh Selama Pandemi Virus Corona

"Tolong diingat tidak bisa semua orang (dipukul rata) 8 gelas," ungkap Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum dalam sesi Live Instagram bersama Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Minum harus dibatasi kalau orang punya gagal ginjal, gagal jantung. Anak kecil (minum) delapan gelas juga kencing-kencing sepanjang malam."

Lalu, bagaimana kita membagi jadwal minum harian pada waktu bulan puasa agar tidak mengalami dehidrasi?

Dokter Tan mengatakan, kita bisa membaginya ke dalam beberapa waktu minum. Misalnya, mengawali waktu berbuka puasa dengan segelas air putih.

Setelah itu, kita bisa melanjutkan berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan lainnya, kemudian minum segelas air lagi sebelum atau setelah sholat magrib. Kita bisa meminum satu atau dua gelas air lagi pada waktu makan malam.

"Jadi kita minumnya berbagi. Karena ada orang yang berbuka minumnya kalap, satu liter. Muntah beneran," kata dokter Tan.

Baca juga: Cara Tepat Tentukan Asupan Cairan Tubuh

Setelah waktu makan, kita bisa menyelingi dengan sholat tarawih, olahraga ringan atau kegiatan lainnya dan mengonsumsi satu atau dua gelas lagi setelahnya.

Maka total kita sudah mengonsumsi sekitar 6 gelas. Kebutuhan dua gelas sisanya bisa kita penuhi pada waktu sahur.

"Ketika sahur dua gelas lagi. Itu sudah delapan gelas. Jadi gampang saja," tuturnya.

Di samping itu, memperbanyak konsumsi sayur dan buah serta makanan berkuah juga bisa membantu mengurangi risiko dehidrasi di bulan puasa.

Memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh agar kita lebih kuat menjalani ibadah puasa.

Baca juga: Intip, Cara Agar Tubuh Tak Kekurangan Cairan...



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X