Kompas.com - 29/04/2020, 23:00 WIB
ilustrasi pasangan Shutterstockilustrasi pasangan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidak hanya soal makanan, menjalankan puasa juga berarti melatih diri untuk menahan nafsu dalam bentuk lain.

Bagi beberapa orang, menahan nafsu seksual saat bulan puasa bahkan mungkin lebih sulit dibandingkan dengan menahan lapar.

Sehingga, beberapa cara menahan nafsu di bawah ini bisa dicoba agar puasa yang dijalani bisa selesai hingga waktunya berbuka.

Sebenarnya jika dilihat, cara menahan nafsu di bawah ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Tidak perlu metode yang terlalu khusus atau sulit untuk mejalankannya. Satu hal yang perlu dipenuhi hanyalah niat dan keinginan yang kuat.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang sulit untuk menahan nafsu seksual, jangan khawatir. Cara menahan nafsu di bawah ini dapat dipraktikkan agar puasa dapat berjalan dengan lancar:

1. Cari kegiatan untuk mengalihkan perhatian

Nafsu seksual bisa muncul saat Anda memikirkan hal yang menyerempet atau berkaitan dengan topik tersebut. Sehingga sebaiknya mencari kegiatan lain yang bisa mengalihkan pikiran Anda.

Pilihlah kegiatan sehari-hari yang sederhana namun membutuhkan fokus tinggi, seperti mengerjakan kuis yang membutuhkan pemikiran atau membuat menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

2. Alihkan energi Anda

Cara menahan nafsu berikutnya adalah dengan mengalihkan energi untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan olahraga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.