Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sampai Batal, Ini 7 Cara Menahan Nafsu Seksual Saat Puasa

Kompas.com - 29/04/2020, 23:00 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Tidak hanya soal makanan, menjalankan puasa juga berarti melatih diri untuk menahan nafsu dalam bentuk lain.

Bagi beberapa orang, menahan nafsu seksual saat bulan puasa bahkan mungkin lebih sulit dibandingkan dengan menahan lapar.

Sehingga, beberapa cara menahan nafsu di bawah ini bisa dicoba agar puasa yang dijalani bisa selesai hingga waktunya berbuka.

Sebenarnya jika dilihat, cara menahan nafsu di bawah ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Tidak perlu metode yang terlalu khusus atau sulit untuk mejalankannya. Satu hal yang perlu dipenuhi hanyalah niat dan keinginan yang kuat.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang sulit untuk menahan nafsu seksual, jangan khawatir. Cara menahan nafsu di bawah ini dapat dipraktikkan agar puasa dapat berjalan dengan lancar:

1. Cari kegiatan untuk mengalihkan perhatian

Nafsu seksual bisa muncul saat Anda memikirkan hal yang menyerempet atau berkaitan dengan topik tersebut. Sehingga sebaiknya mencari kegiatan lain yang bisa mengalihkan pikiran Anda.

Pilihlah kegiatan sehari-hari yang sederhana namun membutuhkan fokus tinggi, seperti mengerjakan kuis yang membutuhkan pemikiran atau membuat menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

2. Alihkan energi Anda

Cara menahan nafsu berikutnya adalah dengan mengalihkan energi untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan olahraga.

Namun, jika sedang puasa, Anda bisa memilih kegiatan lain seperti mencoba belajar alat musik, yoga, atau membuat suatu kerajinan untuk menyalurkan kreativitas. Anda juga bisa menyalurkannya dengan memasak untuk menu berbuka.

3. Hindari kegiatan yang dapat memicu nafsu

Salah satu cara yang paling sederhana namun mungkin sulit dilakukan oleh beberapa orang adalah menghindari hal-hal yang dapat memicu timbulnya nafsu.

Jangan menonton tayangan-tayangan yang mengandung adegan seksual atau membaca buku yang memiliki cerita yang serupa.

Selain itu, hindari objek, latar, atau sosok tertentu yang berpotensi membangkitkan hasrat seksual Anda.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com