Makanan Penyebab Asam Lambung yang Harus Dihindari

Kompas.com - 30/04/2020, 03:03 WIB
Ilustrasi makanan shutterstockIlustrasi makanan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Penyakit asam lambung ternyata terkait erat dengan makanan yang kita makan. Karenanya, mengetahui berbagai makanan penyebab asam lambung bisa mencegah naiknya asam lambung secara tiba-tiba.

Meski para dokter masih berdebat mengenai makanan penyebab asam lambung, tapi beberapa penelitian telah membuktikan bahwa memang ada beberapa jenis makanan yang bisa “memancing” asam lambung naik. Apa saja, ya?

1. Makanan berlemak tinggi

Makanan yang digoreng dan berlemak tinggi bisa menyebabkan lower esophageal sphincter (LES) atau otot bagian bawah kerongkongan melemah, sehingga asam lambung bisa naik ke kerongkongan.

Makanan yang digoreng dan berlemak tinggi juga membuat proses pengosongan lambung lebih lama.

Mengonsumsi makanan berlemak tinggi hanya akan menambah risiko munculnya gejala asam lambung. Oleh karena, mengurangi makanan yang berlemak bisa membantu kita menghindarinya.

Berikut ini adalah beberapa makanan berlemak tinggi yang perlu kita hindari atau kurangi, demi mencegah asam lambung naik:

  • Kentang goreng dan onion rings 
  • Produk susu berlemak tinggi, seperti mentega, susu murni, hingga keju
  • Potongan daging sapi, babi, atau domba yang berlemak
  • Makanan penutup seperti es krim atau keripik kentang
  • Makanan berminyak

Mari sayangi tubuh dengan menghindari atau mengurangi makanan berlemak tinggi. Selain bisa mencegah asam lambung naik, mengurangi makanan berlemak tinggi juga bisa mencegah datangnya penyakit jantung.

Baca juga: Cegah Gerd dengan Makanan untuk Penderita Asam Lambung

2. Tomat

Walaupun mengandung banyak nutrisi baik seperti likopen, tomat pun ternyata menjadi makanan penyebab asam lambung.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X