Cara Menjaga Kesehatan Anak yang Susah Makan di Tengah Pandemi Corona

Kompas.com - 30/04/2020, 20:23 WIB
Ilustrasi anak pemilih makanan. ThinkstockphotosIlustrasi anak pemilih makanan.

KOMPAS.com - Memenuhi nutrisi yang tepat untuk anak-anak yang susah makan terasa makin menantang selama masa karantina di tengah pandemi corona ini. Belum lagi, perubahan jadwal harian yang membuatnya makin sulit.

Kathleen Keller, seorang peneliti nutrisi anak dan professor ilmu gizi di Penn State mengatakan dirinya dapat bersimpati dengan para orangtua yang berjuang “memberi” makan anak-anak mereka yang memiliki selera rumit setiap harinya.

Keller membagikan beberapa tips untuk membantu kita menjaga anak-anak yang susah makan tetap sehat dan bisa makan dengan baik selama masa karantina di rumah.

1. Pertahankan rutinitas

Meskipun jadwal kita mengalami banyak perubahan karena pandemi, menurut Keller, tetap penting bagi orangtua untuk memastikan bahwa anak-anak menjalani kehidupan yang teratur.

Salah satu cara membantu anak-anak beradaptasi dengan keadaan baru adalah dengan menawarkan makanan dan camilan pada waktu yang sama setiap hari.

Baca juga: Pengaruh Pola Makan Picky Eater pada Kesehatan Anak

2. Seimbangkan waktu bermain gadget dengan aktivitas fisik

Karena saat ini kita menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan selama pandemi corona, besar kemungkinan anak-anak akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain gadget atau menonton TV.

Sayangnya, penelitian sebelumnya telah mengaitkan terlalu banyak waktu di depan layar dengan kurangnya fokus dan impulsif, serta obesitas dan insomnia.

"Jika memungkinkan, orangtua dapat menyeimbangkan waktu di depan layar dengan waktu yang dihabiskan untuk bermain di halaman rumah," kata Keller.

"Ketika cuaca buruk, orangtua bisa mendorong anak-anak tetap bermain aktif di dalam rumah seperti mengadakan pesta dansa di rumah, pertarungan bantal, atau untuk aktivitas fisik yang lebih tenang, bsa ajak anak melakukan yoga dan peregangan."

3. Siapkan camilan sehat

Setiap keluarga membutuhkan camilan, entah itu untuk nonton film bersama atau saat piknik di halaman rumah.

Keller merekomendasikan untuk menyediakan camilan yang enak dan tidak asing bagi anak, seperti popcorn, irisan buah favoritnya atau sereal non-gula.

Letakan camilan di tempat yang mudah dijangkau oleh anak, sehingga anak mudah mengaksesnya ketika merasa lapar.

Baca juga: Anak Susah Makan? Bisa Jadi 8 Alasan Ini Penyebabnya

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X