Kompas.com - 30/04/2020, 20:50 WIB
Ilustrasi makanan yang dibungkus.  Dok. Shutterstock/CKP1001Ilustrasi makanan yang dibungkus.
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi corona tak ayal telah mengubah kebiasaan hidup kita. Mulai dari cara bekerja, belajar, beribadah, hingga soal makan.

Nah, bicara tentang makan, banyak di antara kita dahulu terbiasa jajan atau berbelanja untuk dimasak sendiri. Namun hal tersebut sekarang menjadi lebih sulit dilakukan mengingat adanya pembatasan keluar dan kekhawatiran tertular Covid-19.

Banyak orang memilih berada di rumah dibandingkan harus bepergian. Sehingga urusan makan pun kita seringkali memesan makanan dari rumah makan untuk diantar ke rumah.

Namun banyak yang pasti bertanya-tanya, apakah aman untuk pesan makanan secara online? Apakah makanan yang dipesan sudah dimasak dengan benar sehingga tidak menularkan virus? Apakah proses pengiriman sudah bersih dan aman?

Perlu diketahui bahwa bila proses pembuatan dan pengiriman makanan terkena percikan air yang dikeluarkan oleh penderita saat bersin atau batuk, bukan tidak mungkin hal tersebut dapat menular kepada orang yang memakannya.

Hal ini karena penularan virus corona yang utama berasal dari cairan tubuh seseorang yang terinfeksi, seperti cipratan air yang keluar dari hidung atau mulut saat bersin, batuk, atau mengeluarkan napas.

Meski begitu, memesan makanan online dianggap sebagai hal yang aman karena peluang hidup virus corona pada permukaan benda, seperti plastik atau kemasan makanan, sangat kecil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka, kemungkinan risiko penyebaran virus corona yang berasal dari produk atau kemasan makanan yang dikirim lewat delivery atau ojek online pun tergolong rendah.

Akan tetapi ada baiknya kita selalu berhati-hati dalam urusan memesan makanan ini. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar selalu aman saat pesan makanan di masa pandemi virus corona. Apa saja?

1. Memilih restoran yang terpercaya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.