Kompas.com - 30/04/2020, 22:34 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Banyak orang secara sadar maupun tidak, mengurangi aktivitas fisiknya di Bulan Ramadan.

Padahal, idealnya kita tidak hanya bermalas-malasan dan tetap bergerak meskipun sedang menjalani ibadah puasa.

Salah satu alasan mengapa banyak orang mengurangi aktivitas fisiknya di bulan puasa adalah karena merasa lemas. Padahal, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa berolahraga tanpa merasa lemas, yakni dengan memilih waktu yang tepat.

Baca juga: Olahraga Pagi dan Malam, Mana Lebih Baik?

Sport Medicine Specialist, dr. Andhika Raspati, Sp.KO menyebutkan, ada tiga opsi waktu berolahraga di bulan puasa, yaitu pagi setelah santap sahur, jelang waktu berbuka, dan setelah berbuka.

Opsi berolahraga setelah berbuka menurutnya adalah pilihan paling aman. Sebab, berolahraga setelah sahur berpotensi menimbulkan dehidrasi, sementara pada waktu sebelum berbuka tubuh cenderung sedang dalam kondisi paling lemas karena gula darah rendah.

"Setelah berbuka paling aman karena kita bisa makan dulu dan setelah itu mau keringatan sampai basah juga enggak masalah karena bisa minum."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demikian diungkapkannya dalam sesi Instagram Live bersama dr. Arti Indira M. Gizi, Sp. GK dan dr. Teuku Adifitrian, SpBP-RE (dr. Tompi), Kamis (30/04/2020).

Meski kita cenderung memiliki energi lebih dan minim risiko dehidrasi ketika berolahraga setelah berbuka, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Jangan Olahraga Saat Ngabuburit, Apa Alasannya?

Salah satunya adalah menghindari makan takjil dan makan malam berlebih. Sebab, demi kenyamanan lambung kita perlu memberi jarak waktu makan dan olahraga sekitar dua jam.

Apalagi, beberapa orang cenderung makan berlebih di waktu berbuka. Jika kita berbuka hingga pukul 18.30, maka sesi olahraga baru bisa dimulai sekitar pukul 20.30.

"Itu kemalaman, mau tidur jam berapa? Alhasil bisa mengganggu jam tidur, sahur terlambat, dan sebagainya," kata Andhika.

Jika tetap ingin berolahraga seusai waktu berbuka, usahakan disiplin dalam mengontrol porsi makan. Sehingga, sesi olahraga bisa dimulai lebih cepat.

"Menunggunya bisa sekitar setengah jam setelah sholat magrib," tuturnya.

Baca juga: Tips Olahraga Kaki ala Cristiano Ronaldo, Mau Coba?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.