Kompas.com - 01/05/2020, 10:25 WIB
Ilustrasi ruang kerja di rumah selama Work From Home. SHUTTERSTOCKIlustrasi ruang kerja di rumah selama Work From Home.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memaksa setiap orang untuk tetap tinggal di rumah, sehingga aktivitas belajar di sekolah dan bekerja di kantor kini ikut dipindahkan ke rumah.

Setelah lebih dari satu bulan kita menjalaninya,  kini banyak orang mulai menyadari sisi gelap dari bekerja remote, yakni kesepian.

Merasa kesepian di tempat kerja bisa menjadi masalah, bahkan saat semua orang bekerja di kantor. Namun, transisi secara tiba-tiba --dalam hal ini work from home-- dapat meningkatkan risiko kesepian.

"Jika kita telah bekerja dengan orang, memiliki konektivitas dan pertemuan tatap muka, serta terbiasa atas lingkungan itu, lalu tiba-tiba bekerja dari jauh, disertai sedikit hubungan, ini menciptakan masalah besar," kata Ben Fanning, penulis "The Quit Alternative: The Blueprint for Creating the Job You Love Without Quitting."

Ia mengibaratkan perasaan kesepian itu seperti saat kita berada di pulau terpencil.

Bahkan jika kita bekerja dari rumah dengan pasangan dan anak-anak berlarian di sekitar kita, kita masih bisa merasa kesepian.

Baca juga: WFH Bikin Tubuh Gampang Lelah, Apa Sebabnya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penelitian menunjukkan, kesepian di tempat kerja merusak kinerja. Kita akan menjadi pekerja yang kurang efektif, rekan kerja menganggap kita sulit dijangkau dan berhenti bekerja sama.

"Semakin kita kesepian, semakin buruk kinerja kita. Kita makin kurang berkomitmen dengan perusahaan tempat kita bekerja, " kata Sigal Barsade, profesor manajemen di The Wharton School, University of Pennsylvania.

Rasa kesendirian dan kesepian mengarahkan seseorang pada perilaku yang menyebabkan situasi menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

"Begitu kita kesepian, kita lebih waspada secara sosial dan mulai kehilangan keterampilan sosial kita," kata Barsade.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.