Karantina, Negara Bagian di AS Beri Layanan Pengiriman Kondom Gratis

Kompas.com - 01/05/2020, 15:55 WIB
Ilustrasi kondom. SHUTTERSTOCKIlustrasi kondom.

KOMPAS.com - Banyak cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah di suatu negara untuk memberikan bantuan kepada setiap warganya selama pandemi Covid-19. Seperti yang terjadi di Negara Bagian Michigan, Amerika Serikat, belum lama ini.

Departemen kesehatan Michigan telah meluncurkan layanan pengiriman kondom baru secara gratis kepada warganya.

Hal ini bertujuan untuk membantu mencegah kehamilan yang tidak direncanakan serta infeksi menular seksual selama pandemi virus corona.

Program pemberian kondom melalui jasa pos ini untuk menggantikan pemberian kondom gratis yang pernah diberikan di gedung pemerintah dan bar yang sekarang ditutup, kata pejabat setempat.

"Kami merasa selama krisis kesehatan publik ini sangat penting untuk mendukung masyarakat kami dalam melindungi diri dari kehamilan yang tidak diinginkan, infeksi menular seksual, dan HIV."

Demikian kata Lynn Sutfin, juru bicara Michigan Department of Health and Human Services, kepada MLive.com.

Baca juga: Rentan Terpapar Covid-19, Ibu Hamil di Jakarta Akan Jalani Rapid Test

Penduduk Michigan yang ingin mendapatkan alat kontrasepsi itu harus mengajukan permohonan melalui email di MDHHS-FreeCondoms@Michigan.gov.

Paket yang dikirimkan berbeda-beda dan tidak bertanda, berisi 10 kondom dan 10 paket pelumas.

"Sebagian besar paket kemungkinan akan ditangani secara langsung karena staf bekerja dari rumah dan mengirimkan barang-barang ini," kata Sutfin.

Saat ini, Negara Bagian Michigan sedang melaksanakan salah satu perintah untuk tinggal di rumah, yang diprotes oleh sebagian masyarakat AS.

Para demonstran menuntut negara bagian mencabut status lockdown, kendati pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Baca juga: Trump Sebut Akan Bantu Kirim Ventilator ke Indonesia, Apa Saja Fungsi Alkes Ini?



Sumber NYPost
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X