Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2020, 13:29 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Mengantuk saat puasa cukup lumrah terjadi, terutama karena kita harus bangun lebih awal untuk sahur. Rasa kantuk ini membuat kita tidak bersemangat dalam bekerja, konsentrasi berkurang, dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah.

Ngantuk saat puasa sering terjadi, tetapi tidak berarti mengantuk saat puasa tidak bisa dicegah, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah mengantuk saat puasa:

1. Hindari cahaya sebelum tidur

Cahaya lampu, layar TV, maupun smartphone dapat merusak siklus tidur. Hindari pemakaian gadget sebelum tidur. Setidaknya satu jam sebelum waktu tidur, hentikan pemakaian smartphone, tablet, laptop, maupun TV.

Cahaya yang berasal dari gadget akan dipersepsikan sebagai cahaya matahari oleh tubuh. Tubuh pun berpikir bahwa itu adalah siang hari sehingga tubuh akan dikondisikan untuk bangun.

Cahaya ini juga menekan hormon melatonin di tubuh yang diperlukan untuk menjaga siklus bangun-tidur manusia.

Baca juga: Polusi Cahaya Jadi Penyebab Insomnia

2. Kamar tidur nyaman

Serupa dengan poin pertama, tips agar tidak mengantuk saat puasa adalah menciptakan suasana yang ideal untuk tidur.

Salah satunya adalah dengan membuat ruangan Anda gelap, tenang, dan sejuk. Kamar tidur yang nyaman dapat membantu untuk tidur lebih baik.

3. Tidur lebih nyenyak dengan wudu dan zikir

Agar cepat terlelap saat malam, cobalah untuk berwudu sebelum tidur. Wudu akan membantu menurunkan suhu tubuh yang akan mempercepat datangnya rasa kantuk.

Efek wudu serupa dengan efek berendam dalam air hangat satu atau dua jam sebelum tidur, karena air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan akhirnya membuat suhu tubuh menurun saat ingin tidur.

Melantunkan ayat Al Quran dan zikir dapat menimbulkan efek menenangkan seperti meditasi, yang dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Baca juga: Cara Melatih Pernapasan agar Lebih Bertenaga dan Tidur Nyenyak

4. Durasi tidur yang cukup

Durasi tidur yang cukup adalah salah satu cara untuk menghindari mengantuk saat puasa. Cobalah untuk selalu tidur dengan durasi yang cukup, setidaknya empat sampai lima jam. Jika tidak mendapatkan tidur yang cukup, Anda bisa selalu tidur saat siang atau sore hari.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com