8 Cara Ampuh Cegah Mengantuk Saat Puasa

Kompas.com - 02/05/2020, 13:29 WIB
Ilustrasi tertidur saat bekerja Monkey Business ImagesIlustrasi tertidur saat bekerja
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mengantuk saat puasa cukup lumrah terjadi, terutama karena kita harus bangun lebih awal untuk sahur. Rasa kantuk ini membuat kita tidak bersemangat dalam bekerja, konsentrasi berkurang, dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah.

Ngantuk saat puasa sering terjadi, tetapi tidak berarti mengantuk saat puasa tidak bisa dicegah, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah mengantuk saat puasa:

1. Hindari cahaya sebelum tidur

Cahaya lampu, layar TV, maupun smartphone dapat merusak siklus tidur. Hindari pemakaian gadget sebelum tidur. Setidaknya satu jam sebelum waktu tidur, hentikan pemakaian smartphone, tablet, laptop, maupun TV.

Cahaya yang berasal dari gadget akan dipersepsikan sebagai cahaya matahari oleh tubuh. Tubuh pun berpikir bahwa itu adalah siang hari sehingga tubuh akan dikondisikan untuk bangun.

Cahaya ini juga menekan hormon melatonin di tubuh yang diperlukan untuk menjaga siklus bangun-tidur manusia.

Baca juga: Polusi Cahaya Jadi Penyebab Insomnia

2. Kamar tidur nyaman

Serupa dengan poin pertama, tips agar tidak mengantuk saat puasa adalah menciptakan suasana yang ideal untuk tidur.

Salah satunya adalah dengan membuat ruangan Anda gelap, tenang, dan sejuk. Kamar tidur yang nyaman dapat membantu untuk tidur lebih baik.

3. Tidur lebih nyenyak dengan wudu dan zikir

Halaman:
Baca tentang


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X