Kompas.com - 02/05/2020, 15:47 WIB
Ilustrasi asam lambung Emily FrostIlustrasi asam lambung
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apakah mungkin makanan yang telah dikonsumsi akan tetap berada dalam perut dan tidak tercerna? Seaneh-anehnya pernyataan tersebut, pada kenyataannya, kondisi tersebut benar-benar ada.

Gastroparesis adalah istilah yang merujuk pada keadaan tersebut. Gastroparesis merupakan kondisi saat pergerakan otot perut melambat atau bahkan terhenti yang mengakibatkan perut tidak dapat dikosongkan. Penderita gastroparesis perlu menjaga kesehatan lambungnya.

Penyebab gastroparesis tidak diketahui secara pasti, tetapi diyakini bahwa kondisi ini disebabkan oleh kerusakan pada saraf vagus, yaitu saraf yang mengendalikan otot lambung untuk berkontraksi dan mendorong makanan ke usus kecil.

Saraf vagus yang rusak tidak mampu mengirimkan sinyal kepada otot lambung yang akhirnya membuat makanan tinggal dalam perut dan tidak dicerna di dalam usus kecil.

Kerusakan dari saraf ini bisa dipicu oleh penyakit tertentu, berupa diabetes, atau bedah di lambung atau usus kecil.

Penanganan gastroparesis secara umum

Gastroparesis ditangani dengan mengatasi hal yang memicu kondisi tersebut. Namun, gastroparesis tidak dapat diobati secara total dan hanya bisa diatasi gejala-gejalanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Obat untuk memicu pergerakan otot, serta obat antimual dan antimuntah adalah beberapa obat yang digunakan untuk mengatasi efek dari gastroparesis.

Bedah untuk menempatkan selang penyaluran makanan ke dalam usus kecil adalah alternatif penanganan lainnya.

Meskipun demikian, penanganan gastroparesis untuk jangka waktu yang panjang harus diikuti dengan menjaga kesehatan lambung.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.