6 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Kompas.com - 02/05/2020, 23:14 WIB
Ilustrasi bau mulut SIphotographyIlustrasi bau mulut

KOMPAS.com - Pada hari-hari biasa, permen bisa menjadi senjata untuk mengatasi bau mulut. Tetapi hal ini tentu tak bisa dilakukan selama bulan Ramadhan saat kita sedang berpuasa.

Banyak orang beranggapan, mengonsumsi makanan beraroma menyengat menjadi penyebab bau mulut.

Namun, menurut ahli diet Swisse Wellness, Simone Austin, sebenarnya, bau mulut dipengaruhi dari seberapa banyak air liur yang ada di mulut.

"Air liur membantu melindungi dan menjaga keasaman dan pH di mulut, sehingga bakteri tidak banyak berkembang biak," kata Simone.

Baca juga: Bukan Hanya Bau Mulut, Ada Masalah Lain karena Lidah Kotor

"Jadi, jika tubuh mengalami dehidrasi, tidak akan ada banyak air liur. Inilah yang kemudian menyebabkan bakteri dapat berkembang biak di mulut dan cenderung memfermentasi setiap makanan yang tersisa di mulut, sehingga menyebabkan bau mulut."

Masalahnya, bau mulut seringkali mengganggu rasa percaya diri. Lalu, bagaimana mengatasinya? Berikut enam tips untuk mencegah bau mulut selama berpuasa:

1. Makan sehat saat sahur

Jangan hanya makan apa yang diinginkan. Terpenting adalah masukkan sayur dan buah segar ke dalam menu sahur. Keduanya penting bagi tubuh, karena kaya antioksidan.

2. Bersihkan lidah

Selain menyikat gigi secara rutin dua kali sehari, bersihkan juga lidah dengan lembut menggunakan alat khusu pembersih lidah. Ini akan membantu membersihkan bakteri yang ada pada lidah dan menyebabkan bau tak sedap.

Baca juga: Rajin Sikat Gigi Namun Masih Bau Mulut, Apa Alasannya?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CLEO
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X