Kompas.com - 05/05/2020, 10:17 WIB
Ilustrasi serangan jantung.
Ilustrasi serangan jantung.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Istilah sindrom koroner akut mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Sindrom koroner akut adalah suatu kondisi di mana aliran darah berkurang ke jantung secara tiba-tiba.

Gejalanya yang mirip dengan masuk angin, seringkali membuat orang-orang keliru mengidentifikasinya. Oleh sebab itu, perhatikan hal berikut untuk mengenali sindrom koroner akut secara lebih jelas.

Sindrom koroner akut terjadi karena adanya penyumbatan pada arteri koroner, yang berfungsi untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke otot jantung.

Ketika tersumbat, fungsi jantung dapat terganggu, bahkan bisa menyebabkan angina atau serangan jantung. Penyumbatan tersebut bisa terjadi dalam satu waktu, atau datang dan pergi selama periode waktu tertentu.

Arteri dapat tersumbat atau menyempit karena adanya penumpukan plak di sepanjang dindingnya. Plak ini berisi LDL(kolesterol jahat), lemak, sel darah putih, dan zat lain.

Plak tersebut dapat tumbuh dalam jumlah banyak sehingga hanya ada sedikit ruang bagi darah untuk mengalir melalui arteri, bahkan benar-benar bisa menghentikan aliran darah.

Bukan hanya itu, plak juga bisa pecah dan menumpahkan isinya ke dalam arteri sehingga membentuk gumpalan darah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika gumpalan yang ada berukuran cukup besar, maka dapat menyumbat pembuluh darah yang menyebabkan pasokan oksigen ke sel-sel otot jantung terlalu rendah. Hal ini berpotensi membahayakan nyawa.

Di samping itu, terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan  terkena sindrom koroner akut, yakni berusia di atas 45 tahun, tekanan darah tinggi atau kolesterol, merokok, kurangnya aktivitas fisik, pola makan tidak sehat, obesitas, diabetes, dan riwayat keluarga.

Baca juga: Cegah Penyakit Jantung Koroner dengan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini

Gejala sindrom koroner akut

Halaman:
Baca tentang


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.