Kompas.com - 05/05/2020, 11:14 WIB
Ilustrasi es blewah untuk hidangan takjil. SHUTTERSTOCK/AMALLIA EKAIlustrasi es blewah untuk hidangan takjil.

KOMPAS.com— Walau kita berpuasa, kebutuhan nutrisi dan kalori tubuh harus tetap dipenuhi. Karena frekuensi makan berkurang, kita harus menyiasati asupan nutrisi bisa didapatkan pada saat sahur dan berbuka puasa.

Idealnya, sekitar 30 persen kebutuhan dipenuhi saat sahur dan sisanya saat berbuka puasa dan makan malam.

Agar tetap sehat dan mampu merampungkan ibadah puasa hingga akhir bulan Ramadhan, berikut adalah tips lima cara sehat untuk berbuka puasa.

1. Mulailah dengan minuman

Air adalah kunci, jadi mulailah dengan satu atau dua gelas.  Hidrasi harus menjadi prioritas nomor satu. Segera konsumsi air setelah adzan maghrib berkumandang, mulailah dengan satu atau dua gelas.

Makanan atau minuman manis alias takjil yang dikonsumsi saat berbuka puasa memang disarankan untuk mengembalikan kadar gula darah dengan cepat setelah seharian berpuasa.

Meski begitu, batasi jumlahnya dan sebaiknya memilih jenis makanan yang mengandung serat serta vitamin. Misalnya smoothie buah atau sayuran yang ditambahkan satu sendok bubuk protein.

Baca juga: 5 Resep Olahan Seafood untuk Menu Buka Puasa

2. Pilih beragam buah

Batasi asupan camilan serba manis dan gorengan. Perbanyak asupan buah untuk dorongan energi dan hidrasi yang sangat dibutuhkan tubuh. Kamu bisa memilih buah mangga, leci, ceri, pir, atau anggur karena kadar gula dan nutrisi alami yang tinggi.

Ganti buah setiap beberapa hari untuk mendapatkan manfaat dari beragam nutrisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X