Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menjaga Tubuh Tetap Bugar dan Tidak Lemas Selama Berpuasa

Kompas.com - 06/05/2020, 03:17 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Berpuasa sejak lama diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tetapi, perubahan pola makan, di mana kita tidak makan dan minum selama dua belas jam tak bisa dipungkiri seringkali membuat kita lemas dan ngantuk.

Namun, menurut dokter Dion Haryadi yang juga seorang kreator TikTok, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tubuh tidak lemas dan tetap bugar selama berpuasa.

1. Ciptakan kebiasaan baik

Bulan puasa menurut dokter Dion adalah waktu yang tepat membangun kebiasaan baik, dengan target yang jelas dan perencanaan yang matang. Mulailah dari kebiasaan yang ingin dihilangkan.

Contohnya, mengurangi kebiasaan konsumsi minuman manis. Mengubah kebiasaan tentu tidak bisa dilakukan dengan instan, jadi mulailah perlahan.

“Misalnya dimulai dengan menurunkan frekuensi minum minum manis dari dua kali perhari, jadi satu kali per hari, empat kali seminggu, hingga di minggu keempat berpuasa menjadi 2-3 kali per minggu,” jelas dr. Dion dalam video Tips Diet Bulan Puasa di akun TikToknya @dionharyadi.

Baca juga: Berpuasa Ramadhan di Tengah Pandemi Justru Memperkuat Daya Tahan Tubuh

2. Jangan langsung berbuka puasa dengan makanan berat

Dengan menjalankan puasa, frekuensi makan kita akan otomatis berkurang, begitu pun kalori yang masuk ke tubuh akan berkurang. Sehingga, kemungkinan besar penurunan berat badan akan terjadi.

Tapi yang sering terjadi, saat berbuka, kita cenderung mengonsumsi makanan dan minuman lebih banyak dari biasanya. Jika demikian, makan proses penurunan berat badan tak akan terjadi.

Dion menyarankan untuk membatalkan puasa dengan cukup minum air putih dan mengonsumsi buah tinggi serat dan gula, seperti kurma untuk mengembalikan kadar gula darah dan mencegah makan berlebih saat makan besar.

“Pada saat makan besar, pastikan juga kita mengonsumsi sayuran dan protein yang cukup,” kata dr. Dion.

3. Mengatur porsi makan gizi seimbang

Untuk mendapatkan gizi seimbang yang juga mengenyangkan, bagi piring jadi enam bagian, dua bagian untuk karbohidrat, satu bagian untuk sumber protein seperti daging, ikan, ayam, tempe, dan lainnya.

Selanjutnya, dua bagian untuk sayur-sayuran dan satu bagian untuk buah-buahan.

“Dengan cara ini kita akan mendapatkan satu porsi makanan dengan gizi seimbang dan mengenyangkan,” ujar dokter umum asal Batam ini.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com