Kompas.com - 06/05/2020, 15:45 WIB
Ilustrasi sepatu shutterstockIlustrasi sepatu

KOMPAS.com - Masa pendemi virus corona yang sudah berlangung sekian lama, terus menyisakan banyak pertanyaan dan juga kekhawatiran bagi banyak orang.

Imbauan Pemerintah untuk bertahan di dalam rumah adalah cara untuk mempercepat pemutusan rantai penyebaran virus tersebut.

Kendati demikian, pada bagian atau saat tertentu, ada masanya kita harus meninggalkan rumah, entah membeli kebutuhan harian atau pun keperluan mendesak lainnya.

Baca juga: Berbagai Tips Puasa di Tengah Pandemi Virus Corona

Lalu, jika saran lanjutannya adalah langsung mencuci pakaian dan mandi untuk membersihkan diri setelah kembali ke rumah, bagaimana dengan sepatu?

Haruskah kita meninggalkan sepatu kita di luar rumah, agar kemungkinan penularan virus bisa dihindari?

Kita mungkin akan bertanya-tanya apakah sepatu kita aman dari virus saat kembali ke rumah, setelah pergi ke toko atau tempat umum lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penelitian terbaru dilakukan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sebuah badan pemerintah Amerika Serikat di rumah sakit di Wuhan, China, tempat yang diyakini menjadi awal penyebaran Covid-19.

Baca juga: Berbagai Tips Puasa di Tengah Pandemi Virus Corona

Dari penelitian itu ditemukan, virus corona dapat bertahan hidup di bagian sol sepatu, namun tak bisa dipastikan apakah bekas tetesan dengan virus tersebut masih bisa menular.

The Cleveland Clinic menyebutkan, walaupun virus dapat hidup di sepatu, sangat tidak mungkin virus tersebut menular kepada kita.

Kecuali, jika kita menyentuh area yang terinfeksi di sepatu secara langsung, dan kemudian menyentuh wajah.

Baca juga: Makanan Olahan Membuat Tubuh Lebih Rentan pada Virus Corona, Kok Bisa?

Jadi, jika kita merasa bertemu seseorang di luar, atau permukaan sepatu patut dicurigai terinfeksi virus corona, lepaskan sepatu sebelum masuk ke rumah adalah pilihan yang baik.

Setelah itu, kita harus menyemprot sepatu dengan disinfektan sebelum membawanya ke dalam rumah.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.