"Gelembung Sosial" Sebagai Cara Baru Bertemu Kerabat di Tengah Pandemi

Kompas.com - 06/05/2020, 23:23 WIB
Ilustrasi persahabatan Digital Vision.Ilustrasi persahabatan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di saat banyak negara berupaya menghilangkan status lockdown karena virus corona, gelembung sosial atau "social bubbles" muncul sebagai ide terkait cara mengendurkan pembatasan sosial.

Namun, para ahli mengatakan, hal itu bisa sulit dipraktikkan.

Gelembung sosial memungkinkan seseorang membentuk suatu kelompok dengan beberapa orang tertentu yang dibolehkan saling bertemu di luar anggota keluarga mereka di rumah.

Menurut data terbaru yang dikumpulkan John Hopkins University, Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 3,6 juta orang di seluruh dunia dan menyebabkan lebih dari 257.000 orang meninggal.

Selandia Baru, yang digadang-gadang sebagai contoh negara yang membuat kasus virus corona menjadi nol, telah menerapkan gelembung sosial.

Di negara tersebut, sejumlah pembatasan telah dibuka dan memungkinkan orang memperluas "gelembung" mereka untuk melakukan kontak dengan kerabat dekat di luar anggota keluarga mereka di rumah.

Sementara itu, Belgia dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk memungkinkan orang bersosialisasi dengan kelompok hingga 10 orang.

Saat ini, Belgia mengizinkan orang bertemu dengan dua orang lain di luar rumah mereka, dan menjaga jarak satu sama lain.

William Hanage, associate professor of epidemiology di T.H. Chan School of Public Health Harvard, mengatakan gelembung sosial "merupakan hal yang bisa diberlakukan saat wabah terkendali."

Namun, ia menambahkan ada masalah terkait besar kelompok, karena skala yang makin besar dapat meningkatkan kemungkinan infeksi.

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X