Cara Mengetahui Ciri-ciri Ikan Segar dan Layak Dikonsumsi

Kompas.com - 08/05/2020, 09:32 WIB
Ilustrasi ikan segar. SHUTTERSTOCK/SERGIY ZAVGORODNYIlustrasi ikan segar.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ikan merupakan salah satu lauk favorit bagi sebagian besar orang. Tak hanya enak disantap dan mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan, ikan juga menjadi sumber protein yang menyehatkan bagi tubuh.

Namun, kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan bisa jadi tidak optimal lagi bila kita mengonsumsi ikan yang kualitasnya tidak segar.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri ikan segar dan layak dikonsumsi saat membelinya di pasar tradisional atau swalayan.

Ikan segar tentu menyimpan berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Sementara, ikan yang tidak segar akan menjadi tempat berkembangbiak yang ideal bagi berbagai macam bakteri.

Bakteri-bakteri tersebut dapat berisiko mengontaminasi makanan sehingga mengakibatkan timbulnya gangguan kesehatan hingga keracunan makanan.

Nah, jika ingin membuat hidangan dari olahan ikan, pastikan untuk mengetahui cara memilih ikan yang segar. Berikut adalah ciri-ciri ikan segar dan layak dikonsumsi.

1. Mata ikan

Salah satu cara mengetahui ciri-ciri ikan segar yang paling mudah dapat dilihat melalui kondisi matanya. Mata ikan yang segar akan tampak cerah, jernih, dan segar. Permukaan matanya pun akan terasa menonjol dan kenyal saat diraba.

Sementara, mata ikan yang tampak mengerut, keruh, dan cekung serta berwarna kemerahan merupakan ciri-ciri ikan tidak segar dan tidak layak dikonsumsi.

Mata ikan yang cekung biasanya karena ikan mengalami dehidrasi, di mana ia lebih banyak berada di atas permukaan es daripada di air saat kita membelinya.

Baca juga: Berapa Lama Ikan Segar Bisa Disimpan di Kulkas?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X