Rekomendasi Olahraga untuk Cegah Hipertensi

Kompas.com - 08/05/2020, 11:58 WIB
Ilustrasi lompat tali dolgachovIlustrasi lompat tali

KOMPAS.com - Tekanan darah tinggi kerap disebut sebagai "silent killer" alias pembunuh dalam diam karena gejala-gejalanya baru muncul ketika tekanan darah sudah sangat tinggi dan merusak organ tubuh.

Tekanan darah tinggi memberikan tekanan ekstra pada pembuluh darah dan kerja jantung. Kondisi ini bisa memicu sejumlah komplikasi mematikan, termasuk stroke dan serangan jantung.

Beberapa gejala umum tekanan darah tinggi antara lain dada berdebar, urin berdarah dan sakit kepala hebat.

Karena gejalanya seringkali muncul ketika tekanan darah sudah sangat tinggi, maka penting untuk secara rutin memeriksakan takanan darah, terutama bagi orang dewasa di atas usia 40 tahun. Pemeriksaan tekanan darah dianjurkan setidaknya setiap lima tahun.

Risiko memiliki tekanan darah tinggi bisa dikurangi dengan cara sederhana, seperti menerapkan pola makan sehat dan olahraga rutin.

Baca juga: Efek Tekanan Darah Tinggi pada Organ Tubuh

Lalu, olahraga seperti apa saja yang dianjurkan?

Setiap orang dianjurkan melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit per minggu. Di kondisi seperti saat ini, di mana kebanyakan orang lebih banyak beraktivitas di rumah, menjaga tubuh tetap aktif mungkin menjadi tantangan tersendiri.

Namun, banyak menghabiskan waktu di rumah bukan berarti kita tidak bisa berolahraga.

"Memang sulit memaksimalkan olahraga di masa pandemi, namun setidaknya targetkan 150 menit olahraga setiap minggunya untuk membuat denyut jantung tetap bekerja."

Demikian diungkapkan oleh CEO Blood Pressure UK, Katharine Jenner seperti dilansir Express.co.uk.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X