Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Menggunakan Riasan Selama #DiRumahAja Ternyata Banyak Manfaatnya

Kompas.com - 09/05/2020, 00:24 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Riasan wajah mungkin menjadi aspek penting untuk penampilan keseluruhan. Namun, selama menjalani work from home (WFH) dan #DiRumahAja di masa pandemi Covid-19, kebanyakan orang tak lagi mengenakan riasan wajah.

Kebiasaan baru ini ternyata membawa banyak manfaat bagi kesehatan kulit wajah, lho.

"Kulit tentunya akan lebih sehat apabila tidak menggunakan make up."

Hal itu diungkapkan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari RS Abdi Waluyo sekaligus Medical Consultant Dermalogia Clinic, Arini Astasari Widodo dalam sesi Kulwap media, Jumat (8/5/2020).

Arini menambahkan, kandungan bahan sebuah produk riasan wajah tercantum pada daftar yang biasa tertera di balik kemasan. Termasuk di antaranya bahan pengawet, pewarna, stabilizer, pewangi, glitter, pengental, pelembap, dan lainnya.

Komponen-komponen tersebut berpotensi memicu reaksi iritasi dan alergi pada kulit. Risiko semakin besar jika kita sering mengenakan riasan wajah.

"Tidak menggunakan make up meminimalisasi risiko terjadi iritasi dan alergi pada kulit akibat make up dan regenerasi kulit dapat berjalan dengan lebih baik," papar Arini.

Baca juga: Tips Tampil Cantik Meski Tanpa Riasan

Tidak mengenakan riasan wajah juga dapat menurunkan risiko munculnya komedo dan jerawat yang dipicu kosmetik.

Selain itu, kulit cenderung akan lebih bersih karena pemakaian riasan wajah juga meningkatkan risiko menempelnya kotoran dan kuman pada kulit.

Namun, bagi kamu yang masih memiliki keperluan menggunakan riasan wajah, tak perlu khawatir. Demi kulit yang bersih dan sehat jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah serta mengurangi frekuensi “re-apply” atau “re-touch” riasan wajah.

Baca juga: Kulit Gampang Berjerawat, Jangan Pakai Riasan Terlalu Lama

Kebiasaan “re-apply” atau “re-touch” riasan wajah berpotensi membuat kotoran dan kuman pada wajah menempel pada peralatan kosmetik kita. Sehingga pada akhirnya, perlengkapan kita bisa menjadi sarang kuman.

"Make up juga membuat polutan dan kuman menempel pada wajah," tambahnya.

Nah, jadi manfaatkan lah momen seperti saat ini untuk mengistirahatkan kulit wajah dari paparan riasan wajah. Untuk lebih menghidrasi dan menyehatkan kulit, jangan lupa untuk juga rutin merawat wajah ya.
 

Baca juga: Cantiknya Kylie Jenner Tampil Polos Tanpa Riasan Wajah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com