Kompas.com - 09/05/2020, 08:30 WIB
Fery Farhati Ganis, istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Opening Ceremony Muslim Fashion Festival 2020 di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2019). KOMPAS.com/ Dian Reinis KumampungFery Farhati Ganis, istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Opening Ceremony Muslim Fashion Festival 2020 di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2019).

KOMPAS.com — Istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Fery Farhati Ganis, mengungkapkan, pandemi Covid-19 juga berdampak pada para perajin di DKI Jakarta yang tergabung dalam Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) DKI Jakarta.

“Mereka sekarang berusaha untuk bertahan. Karena permintaan untuk produksi mereka menurun sekali,” ujar Fery dalam acara Muslimah Creative Stream Fest yang disiarkan lewat YouTube Live, Jumat (8/5/2020).

Beberapa dari perajin berinovasi dan memproduksi masker dan APD. Bahkan, produksi ini digunakan sebagai ajang untuk beramal.

“Sebagian dari perajin, yang mengumpulkan dana untuk memproduksi APD, kemudian APD-nya diberikan gratis ke rumah sakit-rumah sakit,” ungkapnya.

Fery menambahkan, ada pula perajin yang tetap memproduksi karya mereka demi memenuhi kebutuhan.

“Misalnya batik Marunda yang menghidupi ibu-ibu yang tinggal di rusun Marunda, tapi batiknya sendiri berkurang peminatnya,” ujar Fery.

“Tapi mereka tetap melakukan, agar pendapatan mereka tetap bisa diberikan,” imbuhnya.

Untuk itu, Fery meminta pada masyarakat untuk tetap membeli hasil karya para perajin.

“Jadi kalau kita mau mendukung ibu-ibu di rusun ini, belilah hasil mereka. Karena ini penghasilan buat mereka, selembar kain ini bisa menghidupi keluarga,” ungkap Fery.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X