Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desainer Lithuania Menginisiasi Mask Fashion Week

Kompas.com - 10/05/2020, 22:57 WIB
Gading Perkasa,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desainer di Lithuania mengundang penduduk di ibukota negara tersebut, Vilnius, untuk datang ke "Mask Fashion Week."

Mask Fashion Week adalah ajang bagi orang-orang di Lithuania untuk bersenang-senang dengan aksesoris yang kini wajib dikenakan, yaitu masker wajah.

Ajang ini merupakan inisiatif dari desainer Julia Janus. Ia berharap, Mask Fashion Week akan mendorong kreativitas dan mematuhi aturan untuk memakai masker di depan umum demi mencegah infeksi virus corona.

Baca juga: Ariana Grande hingga Billie Eilish Bikin Masker Kain untuk Amal

"Ini adalah Mask Fashion Week pertama di dunia," kata Janus setelah upacara pemotongan pita simbolis untuk acara tersebut.

"Saya harap ini yang terakhir, tapi siapa yang tahu."

Lebih dari 20 papan iklan tersebar di seluruh kota Vilnius, menampilkan poster-poster seniman yang mengenakan topeng gaya mereka sendiri.

Semua dilengkapi keterangan, "Creativity Cannot be Masked."

Dicat dengan bibir merah atau senyum lebar, beberapa masker dibuat untuk menarik tawa.

Sementara masker lain tampak mengesankan dengan bordir elegan, mutiara dan renda atau hasil akhir yang cocok untuk setelan bisnis.

Masker lain menampilkan paruh hitam runcing, mengacu pada topeng yang dikenakan para dokter selama "Black Death" yang menghantam Eropa pada pertengahan 1300-an.

Negara ini telah mulai mencabut status lockdown secara bertahap, membuka kembali kafe dan restoran serta toko-toko dan perpustakaan seiring melambatnya infeksi Covid-19.

Walikota Vilnius, Remigijus Simasius telah menawarkan kafe-kafe sebagai ruang publik secara gratis, dan ia ingin ibu kota menjadi "satu kafe luar ruang yang besar."

Baca juga: Workshop Louis Vuitton di AS Mulai Produksi Ratusan Ribu Masker Wajah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com