Kompas.com - 10/05/2020, 22:57 WIB
Desainer Julia Janus menginisiasi Mask Fashion Week. Via South China Morning PostDesainer Julia Janus menginisiasi Mask Fashion Week.

KOMPAS.com - Desainer di Lithuania mengundang penduduk di ibukota negara tersebut, Vilnius, untuk datang ke "Mask Fashion Week."

Mask Fashion Week adalah ajang bagi orang-orang di Lithuania untuk bersenang-senang dengan aksesoris yang kini wajib dikenakan, yaitu masker wajah.

Ajang ini merupakan inisiatif dari desainer Julia Janus. Ia berharap, Mask Fashion Week akan mendorong kreativitas dan mematuhi aturan untuk memakai masker di depan umum demi mencegah infeksi virus corona.

Baca juga: Ariana Grande hingga Billie Eilish Bikin Masker Kain untuk Amal

"Ini adalah Mask Fashion Week pertama di dunia," kata Janus setelah upacara pemotongan pita simbolis untuk acara tersebut.

"Saya harap ini yang terakhir, tapi siapa yang tahu."

Lebih dari 20 papan iklan tersebar di seluruh kota Vilnius, menampilkan poster-poster seniman yang mengenakan topeng gaya mereka sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semua dilengkapi keterangan, "Creativity Cannot be Masked."

Dicat dengan bibir merah atau senyum lebar, beberapa masker dibuat untuk menarik tawa.

Sementara masker lain tampak mengesankan dengan bordir elegan, mutiara dan renda atau hasil akhir yang cocok untuk setelan bisnis.

Masker lain menampilkan paruh hitam runcing, mengacu pada topeng yang dikenakan para dokter selama "Black Death" yang menghantam Eropa pada pertengahan 1300-an.

Negara ini telah mulai mencabut status lockdown secara bertahap, membuka kembali kafe dan restoran serta toko-toko dan perpustakaan seiring melambatnya infeksi Covid-19.

Walikota Vilnius, Remigijus Simasius telah menawarkan kafe-kafe sebagai ruang publik secara gratis, dan ia ingin ibu kota menjadi "satu kafe luar ruang yang besar."

Baca juga: Workshop Louis Vuitton di AS Mulai Produksi Ratusan Ribu Masker Wajah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.