Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2020, 07:15 WIB
Gading Perkasa,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang tergerak hatinya untuk memberikan bantuan bagi petugas medis di garis depan.

Seperti yang dilakukan oleh editor fesyen Shape, Jennifer Barthole.

Ketika kota New York, AS, memulai lockdown pada bulan Maret lalu, Barthole mulai berpikir tentang bagaimana dia akan membantu orang-orang di komunitas perawatan kesehatan.

Baca juga: Desainer Lithuania Menginisiasi Mask Fashion Week

Dari situ, ia mendirikan Sneakers for Heroes. Ini diawali ketika Barthole menghubungi para profesional medis di jaringan pribadinya tentang pengiriman paket perawatan.

Tetapi, banyak dari para petugas medis menyatakan perlunya alas kaki yang mendukung.

"Karena bekerja secara bergantian, mereka mengalami sakit kaki dan punggung. Selain itu, terus-menerus mendisinfeksi sepatu menyebabkan alas kaki mereka cepat aus," kata Barthole kepada Insider.

"Begitu saya mengerti sneakers sangat diminati, saya secara pribadi berkomitmen untuk mengirimkan 50 pasang sneaker kepada teman dan keluarga saya di bidang medis."

Sebagai editor fesyen senior di Shape, Barthole memiliki akses untuk meminta bantuan kepada berbagai merek footwear.

Dia mulai menjangkau 15 merek, dan menariknya, seluruh merek tersebut juga menawarkan untuk menyumbang lebih dari permintaan Barthole.

"Saya sadar ini dapat membantu banyak orang, jadi saya menjangkau kontak dan pengikut Instagram saya, meminta mereka mereferensikan saya ke petugas layanan kesehatan dan daftar penerima terus bertambah cepat," katanya.

Baca juga: Nike Akan Donasikan 30.000 Sepatu untuk Pekerja Kesehatan Covid-19

 

Sejauh ini, jumlah merek yang telah menyumbang ke Sneakers for Heroes ada 31 merek, termasuk Adidas, All Birds, APL, Timberland, Reebok, dan banyak lagi.

Hingga minggu ini, lebih dari 900 pasang sepatu telah disumbangkan untuk para petugas medis di seluruh negeri, kata Barthole.

"Respons dari seluruh merek luar biasa dan sebagian besar perusahaan ingin berpartisipasi. Khususnya, saat saya mengirimkan gambar para profesional medis yang memakai sepatu, itu memberikan mereka inisiatif," katanya.

"Faktanya, sebagian besar merek dalam daftar telah kembali dan menawarkan untuk mengirim lebih banyak sepatu."

Bagi Barthole, hal terbaik dari inisiatif ini adalah melihat betapa bahagianya para petugas medis ketika mereka menerima sepatu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com