Cara Bikin Tidur Berkualitas demi Penurunan Berat Badan

Kompas.com - 11/05/2020, 09:55 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Ketika kita berpikir tentang menurunkan berat badan, maka tentu banyak dari kita yang lalu berpikir untuk mengatur makanan, serta seberapa banyak kita harus berolahraga.

Tentu, pemahaman itu bukanlah hal yang keliru. Namun, selain dua hal krusial tersebut, masih ada satu hal penting, yang justru kerap terlewatkan oleh kita yang ingin menurunkan berat badan.

Satu hal penting itu adalah menjaga kualitas tidur, yang tentu memengaruhi berat badan, dan lebih lagi berperan para kondisi kesehatan secara keseluruhan. 

Baca juga: Sulit Tidur Ternyata Juga Dipengaruhi Pilihan Makanan yang Salah

Anne Mullens dalam artikel yang telah di-review oleh Dr. Bret Scher, MDDr di laman dietdoctor.com, menyebut bahwa ahli meyakini  kebiasaan tidur yang baik berpengaruh pada kesehatan, termasuk berat badan. 

Sebaliknya, masalah tidur yang tidak cukup -baik kualitas maupun kuantitas, berperan dalam memperlambat penurunan berat badan.

Nah, lebih jauh Mullens lalu menguraikan hal-hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kualitas tidur, demi kesehatan.

Baca juga: Penderita Asam Lambung Gerd Jangan Tidur Setelah Sahur

1. Membangun rutinitas tidur

Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari,dan buatlah ritual rileks yang menyiapkan tubuh untuk tidur.

Matikan layar gawai satu jam sebelum tidur, lalu tuliskan kekhawatiran atau daftar "yang harus dilakukan" demi mengeluarkannya dari kepala.

Jika masih tidak bisa tertidur, jangan berbaring di tempat tidur -karena khawatir tidak tidur. Lebih baik bangun, dan lakukan sesuatu yang menenangkan sampai merasa lelah.

2. Ciptakan kenyamanan

Pastikan kamar tidur sejuk, gelap, dan tenang dengan tempat tidur serta bantal yang sangat nyaman.

Baca juga: Tidur Menghadap Kipas Sebabkan Paru-paru Basah?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X