Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Manfaat Makan Ikan yang Menyehatkan bagi Tubuh

Kompas.com - Diperbarui 20/10/2022, 08:12 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam ikan, yaitu asam lemak omega-3 DHA dan EPA.

Selain itu, ikan juga memiliki sedikit lemak jenuh, protein yang tinggi, vitamin D, kalsium, yodium, dan berbagai nutrisi penting.

Tidak heran manfaat makan ikan sangat baik untuk kesehatan mata dan perkembangan otak.

Ikan juga menjadi pilihan nutrisi yang baik untuk ibu hamil, karena manfaat makan ikan dapat membantu perkembangan janin dan menciptakan kehamilan yang sehat.

Walaupun saat ini suplemen asam lemak omega-3 sudah banyak dijual bebas, tapi sebaiknya kita memperolehnya langsung dari makan ikan. Berikut manfaat makan ikan yang perlu kita tahu:

Menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Serangan jantung dan stroke adalah dua penyebab kematian yang paling umum di dunia. Ikan dianggap sebagai salah satu makanan yang sangat menyehatkan dan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Penelitian menunjukkan bahwa, orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah.

Dalam satu penelitian di Amerika Serikat, lebih dari 40.000 pria menunjukkan bahwa mereka yang secara teratur makan satu porsi ikan atau lebih per minggu memiliki risiko 15% lebih rendah terkena penyakit jantung.

Jenis ikan yang berlemak bahkan lebih bermanfaat bagi kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

Baca juga: Rutin Makan Ikan Turunkan Risiko Stroke dan Gagal Jantung

Baik untuk perkembangan otak dan mata

Asam docosahexaenoic (DHA) sangat penting untuk perkembangan otak dan mata. Oleh karena itu, ibu hamil dan ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan.

Perlu diingat bahwa beberapa ikan mengandung merkuri yang tinggi, sehingga dapat berisiko terhadap perkembangan otak.

Buat ibu hamil hanya diperbolehkan makan ikan dengan tingkat merkuri yang rendah seperti, ikan salmon dan sarden tidak lebih dari 12 ons / 340 gram per minggu.

Ibu hamil juga tidak diperbolehkan mengonsumsi ikan mentah karena mengandung mikroorganisme yang dapat membahayakan janin.

Baca juga: Ingin Tidur Lebih Baik dan Otak Lebih Pintar? Makan Ikan…

Meningkatkan kesehatan otak

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak juga akan menurun. Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak makan ikan, memiliki tingkat penurunan mental yang lebih lambat.

Halaman:
Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com