Kompas.com - 11/05/2020, 16:27 WIB
. REPRO BIDIK LAYAR VIA Sothebys/Handout via Reuters/File.

KOMPAS.com - Sepasang sepatu basket Nike Air Jordan milik sang legenda Michael Jordan, yang lengkap dibubuhi tanda tangan juga dilelang oleh balai lelang Sotheby, sejak Jumat pekan lalu.

Air Jordan ini pertama kali dirancang untuk Michael Jordan pada tahun 1985 dan menjadi sneaker pertama yang bertandatangan.

Diperkirakan, sepatu ini akan laku terjual antara 100.000-150.000 dollar AS atau kira-kira Rp 1,5 miliar-Rp 2,2 miliar, dalam lelang online yang bakal ditutup pada 17 Mei 2020 mendatang.

Baca juga: Jersey Michael Jordan Ini Ditaksir Laku Rp 3,7 Miliar, Apa Kisahnya?

Sotheby, New York selama ini lebih dikenal karena penjualan karya seni bernilai jutaan dollar AS.

Balai yang sama tahun lalu mengadakan pelelangan pertama yang didedikasikan sepenuhnya untuk sepatu.

Kala itu tercapai rekor dunia penjualan seharga 437.500 dollar AS atau kira-kira Rp 6,5 miliar untuk sepasang sepatu lari 1972 Nike, yang dikenal dengan julukan "Moon Shoe".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kini, sepatu Air Jordan 1 yang dilelang adalah sebuah sneaker berwarna putih dengan aksen hitam dan merah, lengkap dengan tali berwarna merah.

Istimewanya, pada sisi collar terdapat tandatangan Michael Jordan.

Baca juga: Melihat Skala Kontrak Luar Biasa Nike dan Michael Jordan

Seperti kebanyakan sepatu basket milik Jordan, sepatu ini pun memiliki keunikan karena ukuran yang berbeda, size 13 (kiri) dan size 13,5 (kanan). Demikian penjelasan Sotheby.

Sepatu tersebut dijual oleh kolektor Jordan Geller, pendiri museum sepatu Sneaker Shoezeum, di mana sebelumnya sepatu ini dipajang di Las Vegas.

Menurut Geller,  produk ini telah sekian lama menjadi daya tarik luar biasa dari museum tersebut, hingga menarik penggemar dan kolektor dari seluruh dunia.

Seperti juga sejumlah barang memorabilia Jordan lainnya, lelang ini juga bertepatan dengan pemutaran episode terakhir dari 10-bagian serial dokumenter "The Last Dance".

Baca juga: Jersey Dream Team Michael Jordan Laku Terjual Seharga Rp 3,3 Miliar

Selain itu, lelang juga digelar dalam rangka ulang tahun ke-35 merek Air Jordan.

"Dengan semua kegembiraan di sekitar Michael Jordan dan 'The Last Dance,' saya dan istri saya memutuskan bahwa inilah saat untuk membiarkan sepatu menemukan rumah baru," kata Geller dalam sebuah pernyataannya.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.