Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 11/05/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi saluran pernapasan shutterstockIlustrasi saluran pernapasan

KOMPAS.com - Karena Covid-19 adalah masalah pernapasan, penting menjaga paru-paru untuk tetap sehat. Tetapi bagaimana kita melakukannya?

Ada banyak hal yang tidak kita ketahui tentang virus corona, seperti dari mana asalnya, bagaimana ia awalnya berpindah dari hewan ke manusia, dan jenis vaksin apa yang efektif untuk melawannya.

Apa yang kita ketahui, bagaimanapun, adalah bahwa covid-19, ialah penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 dan masalah saluran pernapasan karena virus corona terutama menyerang paru-paru kita.

Baca juga: Mungkinkah Anak-anak Menularkan Covid-19 pada Orang Dewasa?

Karena itu, kondisi sistem pernapasan orang yang terinfeksi akan bergantung pada bagaimana tubuh mereka dapat mengatasi penyakit ini.

Kabar baiknya, meningkatkan kesehatan saluran pernapasan adalah hal yang mudah dan dapat dilakukan dengan membuat beberapa perubahan gaya hidup yang akan bermanfaat bagimu tidak hanya selama pandemi, tetapi juga di masa mendatang. Inilah yang perlu dilakukan:

1. Berhenti merokok

Sayangnya, berita bahwa perokok aman dari virus corona hanyalah informasi palsu. Ini karena merokok itu sendiri sangat berbahaya bagi paru-paru kita.

Merokok biasanya menyebabkan iritasi pada saluran udara paru-paru kita yang menyebabkan kerusakan permanen. Dalam kebanyakan kasus, itu juga dapat menyebabkan kanker.

Karena itu, berhenti merokok atau tidak melakukannya adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan.

2. Olahraga

Ini seharusnya tidak mengejutkan, karena olahraga secara harfiah tidak melakukan apa pun selain meningkatkan fisik, bahkan mental dan kesejahteraan kita.

Sedangkan untuk paru-paru, berolahraga dapat meningkatkan kemampuan bernapas. Dan selain latihan fisik seperti kardio, yoga dan peregangan, latihan pernapasan seperti pernapasan hidung yang dalam dan pernapasan bibir yang kencang juga sangat bermanfaat.

Olahraga adalah salah satu cara termudah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan fungsi paru-paru.

3. Mengurangi penumpukan lendir berlebih

Lendir itu terjadi secara alami. Namun, terlalu banyak lendir dapat mengiritasi saluran hidung dan bahkan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Kita bisa mengendalikan kelebihannya dengan mandi air panas atau menggunakan semprotan hidung adalah pilihan yang bisa dilakukan.

Makanan pedas juga bisa mengencerkan lendir dan membiarkannya keluar.

Baca juga: Peneliti Kembangkan Antibodi untuk Covid-19 dari Seekor Llama



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X