Kompas.com - 12/05/2020, 14:02 WIB
SPOT, Robot anjing yang digunakan untuk memantau kondisi kesehatan pasien Covid-19. ReutersSPOT, Robot anjing yang digunakan untuk memantau kondisi kesehatan pasien Covid-19.

KOMPAS.com - Sebagai upaya untuk mengendurkan aturan lockdown, banyak negara mencari teknologi canggih untuk membantu membatasi penyebaran virus corona.

Salah satu negara, yaitu Singapura, telah meminta bantuan Boston Dynamics dan robot anjingnya bernama Spot untuk membantu mengingatkan social distancing di taman-taman di Singapura.

Seperti dilansir laman Reuters, negara itu menempatkan Spot di taman pusat pada hari Jumat (8/5/2020) sebagai bagian dari masa uji coba dua minggu.

Baca juga: The Lovot, Robot yang Didesain untuk Orang Kesepian

Jika Spot menemukan pengunjung taman yang tidak mematuhi aturan, ia akan mengatakan dengan suara wanita yang lembut.

"Mari kita menjaga Singapura tetap sehat. Untuk keselamatan kita dan bagi orang-orang di sekitar kita, beri jarak setidaknya satu meter. Terima kasih."

Terlebih lagi, Spot yang dikendalikan dari jarak jauh dapat memperkirakan jumlah orang di taman.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, petugas taman menyatakan kameranya tidak akan melacak individu atau merekam data pribadi.

Singapura menjadi salah satu negara yang paling terdampak di Asia Tenggara karena Covid-19.

Berdasarkan data dari worldometers.info, saat ini jumlah kasus Covid-19 di Singapura mencapai 23.822 kasus, dengan 21 orang meninggal dunia.

Baca juga: Belajar dari Singapura, Masyarakat Diminta Tidak Panik Hadapi Covid-19

Sebagai upaya menurunkan tren tersebut, pemerintah setempat telah menyarankan warganya agar tidak meninggalkan rumah mereka kecuali untuk berbelanja bahan makanan, dan selalu memakai masker di ruang publik.

Olahraga di luar rumah diizinkan, namun setiap orang harus melakukannya seorang diri.

Spot adalah robot kedua di Singapura yang difungsikan untuk mengingatkan orang-orang terkait jarak sosial di area publik.

Sementara, robot dalam bentuk mobil kecil digunakan di reservoir terdekat untuk mengingatkan pengunjung agar "jangan berkeliaran" dan "berkerumun tidak diperbolehkan."

Baca juga: Akankah Social Distancing Berlangsung hingga Tahun 2022?



Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X