BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan OPPO

Yuk, Coba Ide Ngabuburit Asyik dan Bermanfaat buat Nunggu Waktu Beduk di Rumah

Kompas.com - 12/05/2020, 16:07 WIB
Mendengarkan siniar (podcast) bisa menjadi pilihan untuk ngabuburit di rumah. Shutterstock.Mendengarkan siniar (podcast) bisa menjadi pilihan untuk ngabuburit di rumah.
Penulis Agung Dwi E
|

KOMPAS.com – Tidak ada yang memperkirakan bahwa Ramadhan tahun ini bakal dijalani dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Keberadaan Covid-19 membuat seluruh aktivitas Ramadhan di luar rumah ditiadakan demi menekan penyebaran penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2.

Jani Anindya (25) merupakan salah satu yang merasakan efek pandemi Covid-19 terhadap beragam aktivitas yang telah ia rencanakan pada Ramadhan tahun ini. Aktivitas seperti berbuka puasa bersama maupun ngabuburit di luar rumah pun harus dibatalkan.

Meski demikian, Jani tidak lantas menyerah begitu saja. Ia masih bisa melakukan beragam aktivitas Ramadhan, sekalipun dari rumah saja.

“Memang tidak menyenangkan menjalani Ramadhan dengan situasi seperti ini. Namun, kita masih bisa beradaptasi kok. Dengan teknologi yang ada sekarang, banyak kegiatan seru bisa dilakukan selama Ramadhan di rumah,” ungkap Jani.

Baca juga: Cerita Ramadhan Orang Indonesia di Islandia, Suasana Ramadhan Lebih Sepi tapi Ramai saat Lebaran

Jani tidak sendirian. Jutaan lebih penduduk Indonesia mengalihkan kegiatan Ramadhan ke dunia virtual. Mulai dari mengaji, tausiah, hingga berdonasi secara virtual.

Selain kegiatan keagamaan, kegiatan ngabuburit ternyata juga bisa dilakukan di dalam rumah. Keseruan ngabuburit #dirumahaja pun tidak kalah dengan ngabuburit di luar rumah.

“Banyak kok kegiatan asyik yang bisa dilakukan buat ngabuburit. Kalau aku, belajar gitar di kelas online, yoga ramai-ramai via Zoom atau Hangouts, bahkan belajar memasak menu baru. Menyenangkan dan tahu-tahu sudah azan Magrib saja,” imbuh Jani.

Anda pun bisa melakukan beragam kegiatan asyik selama ngabuburit di rumah seperti Jani. Berikut ini Kompas.com rangkum beragam aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Menyiapkan menu berbuka

Ilustrasi memasak.Shutterstock. Ilustrasi memasak.

Ketimbang jajan untuk berbuka puasa, lebih baik menyiapkan sendiri menu berbuka puasa. Selain lebih hemat, Anda pun bisa memilih sendiri kombinasi menu yang cocok.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya