Kompas.com - 13/05/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi bermain ponsel DragonImagesIlustrasi bermain ponsel
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di tengah masa pandemi Covid-19, aktivitas di dunia maya menjadi salah satu cara yang digunakan sebagian orang untuk mengisi waktu. Salah satunya dengan memanfaatkan platform TikTok.

Sebuah riset anyar yang dilakukan situs Audley Villages mengungkapkan sejumlah aktivitas paling populer yang dilakukan orang-orang di masa karantina.

Mereka menggunakan data pencarian Google untuk mengidentifikasi aktivitas apa saja yang dilakukan orang-orang untuk menyibukkan diri. Salah satunya adalah bermain tantangan TikTok.

Dilansir Standard.co.uk, salah satu tantangan yang paling populer di kalangan masyarakat Inggris adalah Dolly Parton Challenge yang menarik hingga 124.000 pencarian bulan lalu.

Ternyata, melakukan tantangan TikTok juga bisa membawa dampak positif terhadap kesehatan mental, lho.

"Tantangan-tantangan yang ada bisa menjadi cara positif untuk seseorang merasa terhubung dengan orang lain dan merasakan kebahagiaan dengan bergabung di permainan tersebut."

Demikian diungkapkan oleh psikolog klinis, Dr Julie Smith. Smith sendiri memiliki setengah juta pengikut di akun TikTok miliknya.

Baca juga: Video di TikTok, Tak Sekadar Konten Lucu dan Viral

Ia menambahkan, penting bagi orang-orang untuk menjadikan platform tersebut sebagai media bersenang-senang, bukan justru membandingkan diri dengan orang lain secara tidak sehat.

Sebab hal itu pada akhirnya bisa membuat seseorang menilai dirinya lebih buruk daripada sebelumnya.

Sementara itu, Professor Sarah Coyne dari Brigham Young University menghabiskan delapan tahun untuk mempelajari efek media sosial terhadap kesehatan mental seseorang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X