8 Kompetensi yang Harus Kamu Miliki di Era 4.0

Kompas.com - 13/05/2020, 09:53 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com“Everything connected to everything”.

Pernyataan tersebut menjadi kalimat pembuka Medianta Tarigan, Dosen Departemen Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI) Bandung.

Di hadapan 120 peserta program Career Coaching, Conseling, and Preparations Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB, ia menggambarkan keterkaitan pernyataan itu dengan revolusi industri 4.0.

Revolusi Industri 4.0 adalah nama tren otomatis serta pertukaran data teranyar dalam teknologi pabrik.

Baca juga: Naik Jabatan Tak Hanya Berbekal Kompetensi

“Di era ini, semuanya saling terhubung, sangat dinamis, situasi selalu berubah-ubah tak pernah stabil dan menimbulkan ketidakpastian,” ujar Medianta melalui Webex, Selasa (13/5/2020).

Pada era ini, terdapat paradigma baru, yakni pengaruh terbesar ada di human capital. Sekarang adalah zaman berebut talent yang tepat, untuk mengisi berbagai posisi.

Berbeda dengan zaman dulu, di mana mesin menjadi pengaruh besar dalam kemajuan perusahaan.

Demi menjawab kebutuhan tersebut, seseorang harus memiliki delapan kompetensi untuk sukses di era 4.0.

Baca juga: Suami yang Rajin Mencium Istri Cenderung Sukses dalam Karier

Kedelapan kompetensi itu adalah:

1. Memimpin dan memutuskan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X