Cegah Kolesterol Tinggi, Kurangi Konsumsi Makanan Berikut

Kompas.com - 14/05/2020, 07:32 WIB
Ilustrasi gorengan Rahul D SilvaIlustrasi gorengan

KOMPAS.com - Kolesterol tinggi adalah zat berlemak yang beredar di seluruh tubuh dalam aliran darah. Kolesterol secara alami diproduksi di organ hati dan setiap sel di dalam tubuh menggunakannya, sehingga kolesterol sesungguhnya juga memiliki manfaat.

Namun, terlalu banyak kolesterol dalam darah bisa menjadi berbahaya, khususnya kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

British Heart Foundation (BHF) menjelaskan, kolesterol jahat dapat menumpuk di dalam dinding pembuluh darah dan membentuk plak yang seiring waktu akan membuat pembuluh darah menyempit. Kondisi ini dapat menyumbat pembukuh darah dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi tidak selalu menunjukkan gejala, oleh karena itu kerap disebut memiliki risiko tersembunyi yang berbahaya.

Tes darah adalah satu-satunya cara untuk memeriksa kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Kolesterol baik dapat menyingkirkan kolesterol jahat kembali ke hati untuk dipecah dan dikeluarkan dari tubuh.

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit karena Kolesterol Tinggi, Ini Tanda-tandanya

Dilansir Express.co.uk, ada beberapa faktor gaya hidup yang memengaruhi tingkat kolesterol dalam tubuh. Beberapa di antaranya makan terlalu banyak makanan tinggi lemak jenuh, tidak bergerak aktif dan memiliki terlalu banyak kandungan lemak tubuh.

Konsumsi terlalu banyak makanan tinggi lemak jenuh bisa mengubah cara hati menangani kolesterol.

Sel-sel hati memiliki reseptor yang menarik kolesterol yang lewat di dalam darah, sehingga kelebihan kolesterol bisa dipecah di hati. Namun, lemak jenuh menghentikan reseptor tersebut sehingga tidak bisa bekerja dengan optimal. Pada kondisi itulah kolesterol mulai menumpuk pada aliran darah.

Sajian spesial Paskah ala Inggris, simnel cakeDok. Shutterstock Sajian spesial Paskah ala Inggris, simnel cake

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X