Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Desain dan Motif Masker Bikin Penampilan Makin Keren

Kompas.com - 14/05/2020, 11:07 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber SCMP

KOMPAS.com – Selain mengurangi risiko penularan Covid-19, penggunaan masker kain kini juga menjadi semacam pernyataan sikap, bahkan menjadi bagian dari busana yang dipakai.

Presiden Perancis Emmanuel Macron memilih masker berwarna biru gelap yang senada dengan dasi dan jas yang dipakainya saat mengunjungi sebuah sekolah dasar.

Masker polos dengan tali putih tersebut terlihat unik karena memiliki bendera Perancis kecil yang terbuat dari pita di bagian pinggirnya.

Presiden Slovakia, Zuzana Caputova dalam beberapa kesempatan juga memilih masker berwarna sama dengan gaun yang dipakainya.

Beberapa tokoh penting lain juga tidak sekadar memakai masker kain, tapi juga memilih beragam motif. Misalnya saja juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, yang sering tampil dengan masker motif batik.

Baca juga: Bisakah Masker Bedah Dicuci dan Digunakan Kembali?

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB pada Kamis (9/4/2020).DOKUMENTASI BNPB Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB pada Kamis (9/4/2020).

Desain masker yang kini beraneka warna dan motif atau gambar menjadi semacam media menyampaikan sikap seperti halnya kaus.

Bagi pecinta kucing misalnya, masker dengan ilustrasi kucing yang lucu menjadi pilihan. Setiap orang bisa memilih masker dengan desain dan motif sesuai kepribadiannya.

”Masker akan menjadi aksesori kesehatan yang tidak hanya penting tetapi juga menambah penampilan tambah keren,” kata Editor Eksekutif Mode dan Kecantikan di majalah Bazaar, Harper, Avril Graham.

Bahkan, lanjut Graham, bisa jadi nanti akan ada masker dengan penggunaan yang berbeda. Seperti masker glamor yang khusus dipakai di acara-acara penting yang menjadi bagian dari aksesori busana resmi.

Baca juga: Unik, Masker Wajah Dilengkapi dengan Lubang Sedotan

Masker karya seniman Donatas Dubauskas.SCMP Masker karya seniman Donatas Dubauskas.

Sejumlah seniman juga menciptakan masker dengan bentuk dan desain di luar standar. Beberapa desain itu dipamerkan dalam Pekan Mode Masker di Vilnius, Eropa Utara.

Masker ciptaan mereka itu tampaknya tak sekadar mencegah droplet tetapi juga untuk jadi pusat perhatian. Misalnya saja masker hitam dan besar berbentuk paruh burung.

Nah, masker seperti apa yang kamu pilih?

Baca juga: Masker Menggemaskan Bergambar Karakter Disney, Mau?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com