Cegah Gigi Berlubang, Sikat Gigi Saja Tidak Cukup

Kompas.com - 14/05/2020, 18:51 WIB
Ilustrasi menyikat gigi untuk menjaga kesehatan gigi. Ilustrasi menyikat gigi untuk menjaga kesehatan gigi.

KOMPAS.com— Merawat gigi dan mencegahnya berlubang hanya menyikatnya saja tidaklah cukup. Diperlukan upaya lain agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Fakta yang mengungkap, 9 dari 10 orang punya masalah gigi berlubang dan masalah gigi. Adapula data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang menyeburkan bahwa 57 persen orang Indonesia punya masalah kesehatan gigi dan mulut.

Menurut dokter gigi Anggi Pratiwi dalam Edukasi Virtual Listerine: Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi, ada tiga hal yang membuat sikat gigi saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan gigi, diantaranya:

1. Waktu kurang tepat

Dokter Anggi mengatakan, kebanyakan dari kita tidak tepat waktu saat membersihkan gigi, biasanya dilakukan setelah mandi.

“Waktu yang ideal untuk menyikat gigi itu sehabis sarapan dan sebelum tidur,” ujar Anggi.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Tanda Gigi Berlubang pada Anak

2. Durasi kurang lama

Untuk menyikat gigi dan membersihkannya secara keseluruhan, waktu yang dianjurkan adalah 3 menit.

Sayangnya kebanyakan dari kita tak betah berlama-lama membersihkan gigi, sehingga membuat belum semua permukaan gigi tersapu sikat dan belum semua sisa makanan terangkat.

“Biasanya malah satu menit, atau dibawah satu menit sudah selesai,” ungkap Anggi.

3. Karena cara yang kurang pas

Edukasi tentang menyikat gigi yang baik sudah diberikan sejak sekolah dasar. Sayangnya, masih banyak yang menyikat gigi dengan cara yang salah.

Anggi mengatakan, cara yang benar menyikat gigi adalah dari dari bagian merah ke putih atau dari gusi ke gigi, dengan gerakan naik memutar.

Selain melakukan pembersihan menyeluruh, Anggi juga menyarankan untuk mengontrol makanan yang kita konsumsi, meminum air putih yang cukup dan membersihkan gigi dengan oral hygiene yang baik yang terdiri dari sikat gigi, flossing dan berkumur.

Baca juga: Mengapa Praktik Dokter Gigi Tutup Selama Pandemi?



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X