Kompas.com - 16/05/2020, 12:57 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Kebutuhan nutrisi dan energi anak hingga usia enam bulan tidak dapat tercukupi hanya dengan pemberian air susu ibu (ASI).

Oleh karena itu, pada usia enam bulan ke atas anak perlu diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk membantu memenuhi kebutuhan gizinya.

Namun, tak jarang ibu justru menemukan bayinya tak lahap saat menyantap MPASI.

Baca juga: Kiat Menyiapkan MPASI Anti Ribet ala Zee Zee Shahab

Duh, bagaimana cara agar anak mau lahap menghabiskan MPASI-nya, ya?

Dokter Spesialis Anak, dr. Miza Dito Afrizal, SpA, Bmedsci, MKes memberikan dua tips sederhana yang bisa diterapkan oleh ibu.

1. Pastikan rasa makanannya enak

Menurut Miza, ini adalah hal yang sering dilupakan oleh ibu.

Banyak ibu terlalu fokus memasukkan banyak bahan makanan ke MPASI untuk bayinya tanpa memastikan rasa dari MPASI itu sendiri.

Bayi sudah memiliki indera pengecap sejak ada di dalam kandungan, oleh karena itu penting untuk memastikan rasa MPASI nikmat, agar dia lahap.

"Jangan mementingkan isi dari MPASI-nya pakai ini itu, tapi begitu kita cobain enggak enak. Kalau kita aja enggak mau makan, berarti wajar kalau anak enggak mau makan."

Baca juga: MPASI Rumahan Tidak Sama dengan MPASI Murahan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X