Cara Gampang Penuhi Nutrisi dengan Pembagian Isi Piring

Kompas.com - 17/05/2020, 08:30 WIB
Ilustrasi makanan sehat berdasarkan proporsi Isi Piringku. Dr dr Tan Shot Yen, M.HumIlustrasi makanan sehat berdasarkan proporsi Isi Piringku.

KOMPAS.com— Para ahli kesehatan selalu menyarankan kita untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh lewat konsumsi beragam makanan. Ada cara gampang untuk mengetahui apakah apa yang kita makan sudah sesuai dengan pedoman gizi.

Caranya adalah dengan membagi piring menjadi tiga bagian kelompok makanan. Model nutrisi ini, yang didasarkan pada prinsip bahwa piring makan yang sehat harus dilengkapi dengan karbohidrat, protein, serta sayur dan buah.

Untuk lebih mudahnya, setengah piring terdiri dari sayuran dan buah, sepertiga isi piring adalah karbohidrat dan biji-bijian seperti nasi, kentang, atau pun mi, dan sepertiganya protein yang bisa diisi dengan ikan, ayam, telur, tempe atau pun tahu, dan sesekali daging merah.

Ahli gizi dari Turki Leyla Tevfikolu Pehlivan mengatakan dia juga merekomendasikan model ini kepada orang yang berpuasa di masa pandemi.

"Untuk mengatasi masa sulit ini, penting untuk memilih makanan yang kaya protein, serat, vitamin, mineral dan antioksidan untuk nutrisi seimbang," kata Pehlivan seperti dikutip dari dailysabah.

Pehlivan juga mengatakan merekomendasikan pentingnya protein nabati seperti lentil, kacang-kacangan, atau biji-bijian, karena juga mengandung serat tinggi.

Kacang-kacangan hijau juga membantu menyeimbangkan gula darah yang merupakan nilai tambah lainnya.

“Konsumsi juga ikan setidaknya dua kali seminggu karena asupan protein hewani penting untuk sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik. Selain itu telur dan keju juga protein berkualitas,” katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X