Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2020, 08:30 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Para ahli kesehatan selalu menyarankan kita untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh lewat konsumsi beragam makanan. Ada cara gampang untuk mengetahui apakah apa yang kita makan sudah sesuai dengan pedoman gizi.

Caranya adalah dengan membagi piring menjadi tiga bagian kelompok makanan. Model nutrisi ini, yang didasarkan pada prinsip bahwa piring makan yang sehat harus dilengkapi dengan karbohidrat, protein, serta sayur dan buah.

Untuk lebih mudahnya, setengah piring terdiri dari sayuran dan buah, sepertiga isi piring adalah karbohidrat dan biji-bijian seperti nasi, kentang, atau pun mi, dan sepertiganya protein yang bisa diisi dengan ikan, ayam, telur, tempe atau pun tahu, dan sesekali daging merah.

Ahli gizi dari Turki Leyla Tevfikolu Pehlivan mengatakan dia juga merekomendasikan model ini kepada orang yang berpuasa di masa pandemi.

"Untuk mengatasi masa sulit ini, penting untuk memilih makanan yang kaya protein, serat, vitamin, mineral dan antioksidan untuk nutrisi seimbang," kata Pehlivan seperti dikutip dari dailysabah.

Pehlivan juga mengatakan merekomendasikan pentingnya protein nabati seperti lentil, kacang-kacangan, atau biji-bijian, karena juga mengandung serat tinggi.

Kacang-kacangan hijau juga membantu menyeimbangkan gula darah yang merupakan nilai tambah lainnya.

“Konsumsi juga ikan setidaknya dua kali seminggu karena asupan protein hewani penting untuk sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik. Selain itu telur dan keju juga protein berkualitas,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com