Kompas.com - 17/05/2020, 20:40 WIB
PUBG Mobile menyuguhkan skin permanen gratis untuk para pemainnya. Dok. PUBG MobilePUBG Mobile menyuguhkan skin permanen gratis untuk para pemainnya.

KOMPAS.com — Sesaat setelah pemerintah Australia mengumumkan lockdown dan menjalankan protokol kesehatan untuk memutus penularan virus corona mulai 16 Maret sampai 22 Maret, penjualan konsol game melonjak 285,6 persen. Padahal, sebelumnya penjualan menurun dari bulan ke bulan.

Lonjakan penjualan juga dialami oleh game fisik, yakni sebesar 278,5 persen, seperti yang dirilis oleh Doom Eternal dan Animal Crossing: New Horizons.

Covid-19 jelas berdampak pada kebiasaan belanja kebanyakan orang. Angka penjualan hardware dan software video game pun meroket.

Lima besar penjualan terbanyak untuk game terutama adalah game yang bisa dimainkan banyak orang, misalnya saja Call of Duty, FIFA, dan Mario Kart yang masing-masing dari mereka juga mengalami peningkatan penjualan sebesar 200 persen.

Game-game ini bukan hanya soal melarikan diri dari kenyataan, tetapi tentang pergi ke suatu tempat bersama.

Baca juga: PUBG Mobile Musim Ke-13 Dimulai, Ini Hadiah yang Bisa Didapat di Royale Pass

Bagi mereka yang tidak suka bermain, video game mungkin dipandang sebagai permainan yang hanya dimainkan remaja dan buang-buang waktu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di era segala hal selalu diukur, kita didorong menggunakan teknologi untuk melacak dan mengoptimalkan diri kita tanpa henti, bahkan mereka yang menikmati video game mungkin merasa bersalah karena jadi kurang produktif.

Berbeda dengan anggapan tersebut, video game terbukti membantu memenuhi kebutuhan psikologis mendasar, dan karenanya memiliki nilai yang sangat besar untuk segala usia.

Apa yang orang butuhkan

Menurut teori self-determination, setiap orang memiliki tiga kebutuhan psikologis, yakni

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.