Kompas.com - 18/05/2020, 05:47 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Bulan suci Ramadhan akan segera berakhir, dan jika kamu berpuasa setiap hari --terlepas dari apakah kamu terlalu banyak makan saat buka puasa-- mungkin akan sulit untuk kembali ke pola makan yang semula.

Devinder Bains, personal trainer yang juga pakar nutrisi di Fit Squad DXB, memberikan tips agar bisa kembali ke pola makan normal.

1. Ubah cara makanmu

Tekan hasrat untuk makan banyak dan makan tidak sehat setelah Ramadhan usai. Sebaliknya, mulaikan kebiasaan makan sehat sesegera mungkin.

Baca juga: 4 Kunci Makan Sehat untuk Hindari Perut Buncit

Tukar makanan penutup yang manis saat berbuka puasa dengan sepiring buah, lalu berhenti memesan makanan cepat saji berlemak, dan beralih ke makanan sehat.

Kurangi ukuran porsi saat berbuka dan sahur sama halnya dengan  makan malam dan sarapan normal; ketimbang makan sepuasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Persiapan makan

Ini disarankan untuk setidaknya dua minggu setelah Ramadhan, ketika kita menjadi rentan dengan pola makan enak selama berjam-jam di siang hari. 

Siapkan porsi maka untuk tiga kali sehari yang menggabungkan makanan kaya protein, agar kenyang lebih lama.

Makanan kaya protein antara lain ayam, dan kacang-kacangan dengan karbohidrat baik, seperti pasta gandum serta beras merah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.