Cerita Rakyat dalam Merchandise Starbucks Indonesia

Kompas.com - 18/05/2020, 13:14 WIB
Koleksi cerita rakyat Starbucks Indonesia StarbucksKoleksi cerita rakyat Starbucks Indonesia
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pada tahun 2002, perusahaan kopi asal Seattle, Starbucks, membuka gerai pertamanya di Plaza Indonesia. Kini, 18 tahun kemudian, kehadirannya ditandai dengan peluncuran serangkaian merchandise bertema ‘Folklore City Collection’.

Koleksi cerita rakyat yang diambil dari berbagai kota dan daerah di Indonesia itu hadir dalam rupa tumbler, Starbucks Card, serta buku album untuk koleksi Starbucks Card. Selanjutnya akan diikuti dengan perilisan mug, tote bag dan boneka bearista.

“Pada kesempatan ini, Starbucks menghadirkan warisan budaya melalui 12 desain yang menggambarkan cerita rakyat dan legenda, seperti Si Pitung, Bawang Merah Bawang Putih, Timun Mas, Raden Alit, dan tokoh lainnya, serta landmark di beberapa daerah tempat Starbucks berada,” jelas Liryawati, chief marketing officer, PT Sari Coffee Indonesia.

Desain ‘Folklore City Collection’ merupakan karya ilustrator muda Hezky Kurniawan. Desain khas dan ikonik yang ia ciptakan merupakan salah satu wujud lain akan kecintaannya terhadap kekayaan budaya Indonesia yang tertuang dalam seni lukis cerita rakyat yang artistik.

Berikut tema yang bisa diperoleh di gerai-gerai Starbucks di seluruh Indonesia:

Cenderawasih

Kweiya terpisah dari keluarganya. Di tengah kesendirian, ia memintal benang untuk membuat sayap. Suatu hari sang ibu akhirnya menemukan Kweiya yang telah menjadi seekor burung.

Tidak ingin terpisah lagi, sang ibu kemudian ikut berubah menjadi seekor burung Cenderawasih dan terbang pergi bersama anaknya.

Garuda Wisnu Kencana

Garuda bertekad untuk membebaskan ibunya dari perbudakan. Perjalanannya membawa ia melewati banyak petualangan: bertarung melawan saudara tirinya, Naga, mencari air keabadian Tirta Amartha, serta menjadi pelayan dan tunggangan setia Dewa Wisnu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X